Ruhut dukung Puan Maharani jadi Ketua MPR

Senin, 10 Juni 2013 - 14:43 WIB
Ruhut dukung Puan Maharani jadi Ketua MPR
Ruhut dukung Puan Maharani jadi Ketua MPR
A A A
Sindonews.com - Politikus Partai Demokrat Ruhut Sitompul mendukung putri dari almarhum Taufiq Kiemas, Puan Maharani untuk menjadi Ketua MPR RI menggantikan mendiang ayahnya.

"Saya setuju dengan Puan sebagai pengganti," kata Ruhut di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (10/6/2013).

Ruhut menjelaskan, jika memang pengganti Taufiq harus dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagaimana saat almarhum pertama kali dipilih sebagai Ketua MPR. Maka Puan dipandang tepat untuk mengisi posisi tersebut.

"Kita (Demokrat) juga dukung itu. Pengganti diserahkan pada Ibu Mega, siapa yang terbaik. Jangan ada yang berebut dengan jabatan ini. Kasihan Bu Mega sedang berduka," jelasnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua MPR RI Lukman Hakim Saefuddin menegaskan bahwa PDIP berhak untuk menentukan nama pengganti Taufiq Kiemas. Ini terjadi karena merupakan kewenangan partai berlambang kepala banteng tersebut.

"Ya jadi terkait dengan mekanisme dan prosuder dalam hal ini penggantian ketua MPR maka sesuai dengan UUMD3 yakni MPR, DPR, DPD sesuai dengan Tatib (Tata Tertib) MPR disitu dinyatakan yang berhak menggantikan berhalangan tetap itu adalah fraksi asal (Almar TK)," kata Lukman.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3901 seconds (0.1#10.140)