Detik-detik terakhir Taufiq Kiemas

Minggu, 09 Juni 2013 - 14:01 WIB
Detik-detik terakhir Taufiq Kiemas
Detik-detik terakhir Taufiq Kiemas
A A A
Sindonews.com - Politikus Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, Pramono Anung sempat mendampingi detik-detik menjelang meninggalnya almarhum Taufiq Kiemas. Menurunnya kondisi kesehatan Ketua MPR itu berawal dari pelaksanaan Peringatan Hari Lahirnya Pancasila, 1 Juni lalu.

"Pada hari Senin tanggal 1 Juni Pak Taufiq dari Ende, peringatan hari Pancasila, dan beliau terkena ginjalnya sehingga sulit buang air kecil. Itulah yang menjadi penyebab dan punya problem di jantungnya," kata Pram di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (9/6/2013).

Wakil Ketua DPR ini menerangkan, saat dirawat di Singapura, kondisi Taufiq sempat membaik. Namun kemudian kondisi suami Megawati Soekarnoputri itu kembali memburuk.

"Ketika di Singapura pada hari Kamis sebenarnya sudah bisa keluar, tapi hari Jumat masuk kembali. Sabtu pagi kritis, kesehatanya mulai menurun setengah 6 sore," ungkap mantan Sekjen PDIP ini.

Saat sedang kritis, sambung Pram, seluruh sanak saudara Taufiq serta-merta membacakan doa. Taufiq sendiri sempat melihat doa yang dibacakan itu.

"Beliau semua anak cucu hadir kebetulan saya juga ada. Semua dzikir, beliau masih memberikan repson, tapi memang kondisinya menurun," tutup Pram.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5837 seconds (0.1#10.140)