Kisah Pertemuan Tjahjo Kumolo dan Taufiq Kiemas di Kebagusan

Jum'at, 01 Juli 2022 - 13:57 WIB
loading...
Kisah Pertemuan Tjahjo Kumolo dan Taufiq Kiemas di Kebagusan
Tjahjo Kumolo. Foto/Dok MPI
A A A
JAKARTA - Tjahjo Kumolo merupakan politikus senior PDIP. Sebelum menjalani karier politik di PDIP Megawati yang kemudian berubah menjadi PDIP, Tjahjo merupakan kader dan anggota DPR dari Golkar.

Tjahjo menjadi anggota DPR dari Golkar pada 1987-1997. Setelah menjadi anggota DPR pada 1997, Tjahjo mengundurkan diri dari Golkar, kemudian sempat bergabung dengan kantor pengacara.

Namun, Tjahjo kembali ke dunia politik. Melalui pengurus DPD PDI DKI Jakarta seperti Santayana Kiemas dan Audi Tambunan, Tjahjo mengutarakan niatnya masuk PDI Megawati.

Pada 1998, Tjahjo kembali bertemu Taufiq Kiemas di Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Diketahui, Taufiq dan Megawati juga memiliki rumah di kawasan Kebagusan.

Dikutip dari buku 'Tanpa Rakyat Pemimpin Tak Berarti Apa-Apa: Jejak Langkah 60 Tahun Taufiq Kiemas, Tjahjo diminta membantu PDI Megawati. "Yo, lu masuk bantu partai, ya!" kata Taufiq.

Tjahjo pun langsung menyatakan siap. Tjahjo mengaku tak merasa seperti orang baru di PDI. Sebab, sebelumnya dia telah mengenal banyak tokoh PDI di Semarang maupun Jakarta.

Baca juga: Tjahjo Kumolo Meninggal, Mahfud MD Bersaksi Almarhum Orang Baik

Di PDI Megawati yang kemudian berubah menjadi PDIP, karier Tjahjo bersinar. Dikutip dari laman resmi Kemenpan RB, pada 1997 Tjahjo menjadi Direktur SDM PDI. Kemudian, pada 2005 menjadi Ketua DPP PDIP. Selanjutnya, pada 2010 - 2015 Tjahjo menjadi Sekjen PDI Perjuangan.

Saat Joko Widodo (Jokowi) yang diusung PDIP terpilih menjadi Presiden pada 2014, Tjahjo diangkat sebagai Menteri Dalam Negeri. Setelah itu, pada Kabinet Indonesia Maju (2019-2024), Tjahjo diangkat menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi.



Hari ini, Jumat, 1 Juli 2022, Tjahjo Kumolo meninggal dunia setelah dirawat di RS Abdi Waluyo Menteng, Jakarta Pusat. Jenazahnya akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.
(zik)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2377 seconds (11.97#12.26)