Dua kali mangkir, KPK hindari jebakan politis Timwas

Kamis, 30 Mei 2013 - 05:03 WIB
Dua kali mangkir, KPK hindari jebakan politis Timwas
Dua kali mangkir, KPK hindari jebakan politis Timwas
A A A
Sindonews.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak menghadiri rapat dengan Tim Pengawas (Timwas) Century. Namun, di waktu bersamaan Pimpinan KPK Zulkarnaen hadir dalam rapat anggaran bersama Komisi III DPR RI.

Tak pelak, hal itu membuat Timwas Century berang. KPK dianggap tidak menghormati Timwas sebagai rekan yang seharusnya bersinergi dengan baik. Timwas kemudian berencana memanggil paksa pimpinan KPK.

Pengamat Politik dari Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, Muradi mengatakan, ada tiga hal yang bisa dicermati dari penolakan KPK menghadiri panggilan Timwas Century.

"Pertama, KPK tidak ingin menari di genderang orang lain, dalam hal ini DPR. Karena isu Century bila tidak diperdalam maka dia akan sangat terlihat politisnya dibandingkan konteks hukumnya," ujarnya ketika dihubungi Sindonews, Rabu (29/5/2013) malam.

Kedua, kata Muradi, isu Century hanya akan dijadikan political bargain dan pencitraan DPR daripada keinginan untuk menuntaskan kasus yang merugikan negara Rp6,7 triliun.

"Ketiga, KPK cenderung menindaklanjuti perkara hanya apabila temuan alat bukti itu memperkuat sangkaan sehingga kasus Century bisa ditindaklanjuti," katanya.

Menurut dia, dari tiga hal di atas bisa dipahami ketidakhadiran pimpinan KPK sebagai bagian dari tidak inginnya KPK menggelontorkan isu Century hanya menjadi komoditas politik semata. Apalagi menjelang Pemilu 2014 akan lebih bijak bagi KPK untuk menjaga agar kasus Century tetap di ranah hukum dan memprosesnya secara simultan.

"Timwas dan KPK bersinergis pada proses penuntasan kasus Century untuk 'menggorengnya' untuk kepentingan politik semata," pungkasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5814 seconds (0.1#10.140)