Hindari hacker, IT KPU senilai Rp40 M

Senin, 15 April 2013 - 14:52 WIB
Hindari hacker, IT KPU senilai Rp40 M
Hindari hacker, IT KPU senilai Rp40 M
A A A
Sindonews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) serius untuk membangun informasi teknologi (IT) yang bebas dari peretas (hacker), bahkan anggaran yang mereka siapkan tak main-main, yakni senilai Rp40 miliar.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) KPU, Arif Rahman Hakim menyampaikan, sistem IT tersebut nantinya akan dibangun untuk tingkat pusat hingga daerah. Hal itu meliputi sistem informasi pemilih (Sidalih), sistem pencalonan, dan sebagainya.

"Salah satu pengadaannya menyiapkan IT tahapan Pemilu mulai sidalih, sistem pencalonan. Seluruh IT sekitar Rp 40 miliar. Seluruh IT untuk tingkat KPU Pusat, kabupaten atau kota," kata Arif usai penandatangan memorandum of understanding (MoU) di Gedung Smesco, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Senin (15/4/2013).

"Sekarang sedang berjalan. Sekarang sedang melihat jaringan data center, keamanan serangan hacker. Tatakelola yang paling penting, tatakelola IT adalah KPU," sambungnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, anggaran sebesar itu paling banyak untuk pembelanjaan jaringan atau bandwith yang dapat terhubung di seluruh tanah air. "Cost paling tinggi belanja bandwith atau jaringan. Server sudah ada pengadaan sejak 2009," terangnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8159 seconds (0.1#10.140)