Anas harapan baru pengungkapan kasus Century?

Selasa, 05 Maret 2013 - 05:28 WIB
Anas harapan baru pengungkapan kasus Century?
Anas harapan baru pengungkapan kasus Century?
A A A
Sindonews.com - Pengamat Politik dari Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, Muradi menilai, pertemuan antara Tim Pengawas (Timwas) Bank Century DPR dan mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum membawa secercah harapan dalam pengungkapan kasus bailout Bank Century.

Meski ada harapan, ia tak yakin kasus yang merugikan negara sebesar 6.7 triliun ini bisa dituntaskan tahun ini.

"Dari pendekatan dan polanya agak sulit berharap kasus Century selesai tahun ini. Bahwa ada mengarah ke arah titik terang setelah meminta keterangan dari Anas. Bisa jadi begitu adanya," ujarnya ketika dihubungi Sindonews, Selasa (5/2/2013).

Hanya saja, Muradi melihat, pola dan pendekatan penyelesaian kasus Century akan cenderung diarahkan ke ranah politis.

Menurutnya, banyak elit politik yang berkepentingan atas penyelesaian atau bahkan memanfaatkan kasus Century untuk keuntungan politik.

"Sebab, apabila penanganan kasus Century serius tidak hanya akan memperkarakan Boediono dan Sri Mulyani, tapi juga akan membuat instabilitas politik pemerintahan SBY," jelasnya.

Sebelumnya seperti diberitakan Sindonews, empat orang tim kecil anggota Tim Pengawas (Timwas) Bank Century DPR berkunjung ke kediaman mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum di rumah Anas. Empat orang itu di antaranya, Fahri Hamzah, Sarifudin Sudding, Ahmad Yani dan Hendrawan Supratikno.

Tidak sia-sia Tim Pengawas (Timwas) Bank Century menyambangi rumah Anas Urbaningrum. Pasalnya, setelah menyambangi rumah itu, Timwas mendapatkan nama-nama baru yang diduga mengetahui dana talangan untuk kasus Bank Century.

Dalam pertemuan itu, Anas berharap kasus bailout Bank Century segera dituntaskan tahun ini. Bahkan, Anas siap jika nanti dipanggil Timwas Century untuk memberikan keterangan di DPR.

"Beliau (Anas) sangat concern, agar kasus Century diungkap secara tuntas. Karena beliau sebagai anggota Pansus Century, ini juga bagian pekerjaan beliau dulu (waktu masih di DPR)," kata Ketua Tim Kecil Pengawas Rekomendasi DPR tentang Kasus Bank Century Fahri Hamzah sebelum meninggalkan rumah Anas, di Duren Sawit Jakarta Timur, Senin 4 Maret 2013.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9089 seconds (0.1#10.140)