DPR diminta hentikan studi banding ke luar negeri

Minggu, 03 Maret 2013 - 13:17 WIB
DPR diminta hentikan studi banding ke luar negeri
DPR diminta hentikan studi banding ke luar negeri
A A A
Sindonews.com - Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) meminta DPR untuk menghentikan studi banding tapa alasan apapun. Pasalnya, hal itu hanya menghambur-hamburkan uang negara saja.

"Akan lebih baik perjalanan ke luar negeri ini realokasikan kepada pembangunan atau renovasi banyak situs budaya rusak atau candi yang rusak," kata Direktur Investigasi dan Advokas FITRA Uchok Sky Khadafi dalam rilis yang diterima Sindonews, Minggu (3/3/2013).

Dia mengatakan, dalam mengunjungi tiga negara seperti India, Yunani, dan Ankara (Turki) hanya bentuk pemborosan semata, dengan Rp3,1 miliar negara harus rela mengeluarkan untuk hal yang tidak bermanfaat.

"Negara India akan menghabiskan anggaran Rp516.780.000, Yunani akan menghabiskan Rp1.592.370.000, Ankara akan menghabiskan sebesar Rp1.070.010.000," tuturnya

Pada kesempatan itu dia juga mengatakan, ketiga negara itu tidak ada relevansinya untuk dikaitkan berdasarkan suku bangsa yang ada di Indonesia.

"Belajarlah sama suku yang ada di Indonesia, daripada belajar ketiga negara yang tidak ada kaitannya dengan bangsa kita," tandasnya.

Dia menyarankan, kalau mau membuat Rancangan Undang-Undang (RUU) kebudayaan, tidak usah melancong ke luar neger lebih baik belajar saja ke pelawak yang baik.

"Seperti Kirun atau Tarsan, dan khusus untuk kebudayaan belajarlah lebih mendalam ke Sudjiwotedjo agar lebih pintar," tuturnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3992 seconds (0.1#10.140)