Tindakan Densus 88 sudah di luar kemanusiaan

Minggu, 03 Maret 2013 - 07:06 WIB
Tindakan Densus 88 sudah di luar kemanusiaan
Tindakan Densus 88 sudah di luar kemanusiaan
A A A
Sindonews.com - Munculnya sebuah video yang menggambarkan kekejaman Detasemen Khusus (Densus) 88 yang menyiksa beberapa orang yang diduga tertuduh teroris, beredar di dunia maya.

Video yang berdurasi sekira 13 menit itu, diunggah di stius Youtube dengan judul "Video kekejaman Densus 88". Kini, munculnya video tersebut, menjadi pro dan kontra di kalangan masyarakat.

Juru Bicara (Jubir) Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), Ismail Yusanto mengatakan, adanya bukti dari kekejaman Densus 88 terhadap terduga teroris, merupakan yang kesekian kalinya terjadi.

"Itu bukti kesekian kalinya bahwa Densus 88 bertindak di luar kepatutuan, di luar kemanusiaan, di luar kepantasan," kata Ismail saat dihubungi Sindonews, Minggu (2/3/2013).

Menurutnya, apa yang telah dipertontonkan Densus 88, dalam melakukan penyergapan dan penangkapan pelaku yang diduga teroris tersebut, sudah melanggar Hak Asasi Manusia (HAM).

"Densus 88 telah melakukan pelanggaran HAM berat dalam bentuk penangkapan, penyiksaan dan penembakan tidak berdasarkan hukum," pungkasnya.

Sementara, Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Mabes Polri, Brigjen Boy Rafli Amar menegaskan, pihaknya akan menyelidiki adanya dugaan kekerasan yang dilakukan Densus 88 tersebut.

"Disampaikan pada Kapolri, adanya video yang menunjukkan penanganan adanya kekerasan yang dilakukan polisi. Kepastian dimananya akan diteliti, Kabareskrim juga ikut. Hasil laporan tersebut, Polri akan menindaklanjuti dan melihat apakah video kekerasan tersebut sama dengan laporan Komnas HAM sebelumnya," Kata Boy Rafli Amar ketika dihubungi Sindonews, Sabtu 2 Maret 2013.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7004 seconds (0.1#10.140)