Timwas Century tunggu 'nyanyian' Anas soal kasus Century

Rabu, 27 Februari 2013 - 09:02 WIB
Timwas Century tunggu nyanyian Anas soal kasus Century
Timwas Century tunggu 'nyanyian' Anas soal kasus Century
A A A
Sindonews.com - Tim pengawas (Timwas) DPR untuk kasus skandal dana talangan (bailout) Bank Century akan merespons mantan Ketua Umum DPP Demokrat Anas Urbaningrum yang ingin mengungkapkan sesuatu terkait kasus Century. Bahkan, Timwas Century berencana memanggil Anas dalam waktu dekat.

"Timwas Century menerima dengan tangan terbuka jika Anas mau datang dan berbicara. Kita sangat gembira menyambut beliau. Kalau perlu diagendakan oleh timwas untuk memanggil beliau. Besok kan ada rapat timwas, kalau bisa besok kita minta pada pimpinan untuk segera diagendakan," ujar Anggota Timwas Century dari Fraksi Hanura Sarifudin Sudding kepada Sindonews, Rabu (27/2/2013).

Anggota Komisi III DPR ini mengatakan, pihaknya sangat mendorong Anas agar mau buka-bukaan dalam membongkar skandal Century yang melempem di tangan KPK. Sebagai orang bebas dan merdeka, lanjutnya, Anas sudah tidak punya beban untuk mengungkapkan berbagai kasus yang diketahuinya.

"Dia tidak terikat lagi di Partai Demokrat dengan menyatakan mundur sebagai ketum dan kader Demokrat. Saya kira selaku anak bangsa yang ingin meluruskan sejarah yang baik dalam konteks demokrasi, satu keharusan bagi Anas membuka semuanya. Agar ini menjadi pembelajaran bagi generasi muda di masa-masa yang akan datang," tuturnya.

Tak hanya membongkar kasus Century, Sudding juga berharap, Anas mau mengungkap kasus-kasus besar lainnya yang selama ini menjadi perhatian publik. Ia menilai, kejujuran dan keterbukaan Anas bisa menjadi satu pembelajaran bagi masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Saya kira tidak hanya sebatas persoalan Century, ada menyangkut IT KPU. Tentang pemilu legislatif pada pemilu presiden lalu saat itu beliau orang KPU, tentu beliau tau apa yang terjadi seperti yang diributkan banyak orang menyangkut IT KPU. Persoalan Century, Anas pasti tahu banyak. Kemana aliran-aliran dana Century ini sedapat mungkin Anas segera membuka halaman-halaman berikutnya.

Sebelumnya diberitakan, Yudi Crisnandi dan Wakil Ketua DPR RI Priyo Budi Santoso sempat menemui Anas di kediaman pribadi, Jalan Teluk Langsa, Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur, Minggu malam (24/2/2013). Dalam pertemuan enam mata ini,

Anas blak-blakan menceritakan lembar kedua hidupnya saat ini, termasuk soal kasus skandal Century.

"Sekarang bolanya ada di Mas Priyo. Dia membidangi masalah Timwas Century. Anas akan menjadi pioner yang akan membongkar Bank Century senilai Rp 6.7 triliun," papar Yudi.

Ketika dicecar lebih jauh, lembaran apa tepatnya yang akan dibongkar Anas, Yudi berdalih kebanyakan hanya konsumsi teman-temannya bukan untuk publik. Yudi memberi clue obrolannya kurang lebih soal kasus Century.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6967 seconds (0.1#10.140)