Polling MNC Research: Kinerja kabinet mengecewakan

Senin, 14 Januari 2013 - 04:04 WIB
Polling MNC Research: Kinerja kabinet mengecewakan
Polling MNC Research: Kinerja kabinet mengecewakan
A A A
Sindonews.com - Kinerja kabinet sepertinya akan kembali mendapat sorotan. Pasalnya polling yang dilakukan MNC Media Research menyatakan kinerja kabinet sangat buruk di mata responden.

Hasil polling MNC Media Research yang diterima Sindo, Minggu (13/1/2013), 84,4 persen responden yang berdomisili di 11 kota besar di Indonesia menyatakan pejabat pemerintah lebih banyak dan cenderung mengurusi kepentingan sendiri dan kelompok daripada memikirkan kepentingan rakyat.

Hanya 4,5 persen responden yang berpendapat sebaliknya, dan sisanya menyatakan kepentingan rakyat dan kepentingan sendiri diurus secara seimbang.

Hasil polling yang dilakukan pada 14-19 Desember 2013 ini mengingatkan pidato Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) beberapa waktu lalu. Presiden yang tak puas dengan kinerja para pembantunya seperti tercermin dalam pidatonya pada pembukaan rapat kabinet paripurna di Kantor Presiden Juli 2012 lalu.

Secara lugas dia mempersilakan para menteri yang berasal dari partai politik (parpol) agar mundur dari kabinet, jika merasa tidak lagi sanggup bekerja secara maksimal. Pernyataan Presiden SBY ini cukup kontekstual. Karena memang menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II ini didominasi dari kalangan partai politik.

Sebut saja, Menko Perekonomian Hatta Rajasa juga menjabat Ketua Umum DPP PAN, Menteri Hukum dan HAM (Menkum HAM) Amir Syamsudin dari Partai Demokrat).

Selain itu Menkominfo Tifatul Sembiring (PKS), Menteri Sosial Salim Segaf al-Jufri (PKS), Menteri Pertanian Suswono (PKS), Menakertrans Abdul Muhaimin Iskandar (PKB), Menteri PDT A Helmy Faishal Zaini (PKB).

Kemudian, Menteri Kelautan dan Perikanan Cicip Sharief (Partai Golkar), Menteri Perindustrian MS Hidayat (Partai Golkar). Juga, Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan (PAN), Menteri Perhubungan EE Mangindaan (Partai Demokrat), Menteri ESDM Jero Wacik (Partai Demokrat), Menteri Koperasi dan UKM Syarief Hasan (Partai Demokrat).

Menteri Agama Suryadharma Ali (PPP), dan Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz (PPP), Menko Kesra Agung Laksono menjabat Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar, yang saat ini merangkap menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga yang sebelumnya dijabat Andi Mallarangeng (Partai Demokrat).

Responden yang terjaring dalam polling ini adalah masyarakat kelas menengah. Mayoritas berusia produktif (63 persen berusia 17-45 tahun), minimal tamat SMA (87 persen).

Polling dilakukan secara independen melalui telepon terhadap 991 responden secara acak sistematis melalui buku telepon residensial terbaru, terbitan Telkom.

Responden berdomisili di 11 kota di Indonesia, yakni DKI Jakarta, Denpasar, Bandung, Semarang, Surabaya, Samarinda, Bandar Lampung, Makassar, Padang, Palembang, dan Medan. Jumlah responden di setiap wilayah ditentukan secara proporsional. Tingkat kepercayaan 95 persen, dengan ambang kesalahan3,11 persen.

MNC Media Research menegaskan, hasil polling tidak dimaksudkan sebagai representasi pendapat seluruh warga.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4876 seconds (0.1#10.140)