DPR akan evaluasi kepuasan jemaah haji

Sabtu, 13 Oktober 2012 - 17:24 WIB
DPR akan evaluasi kepuasan jemaah haji
DPR akan evaluasi kepuasan jemaah haji
A A A
Sindonews.com - DPR akan melakukan survei independen kepada seluruh jemaah haji asal Indonesia untuk mengetahui kualitas pelayanan haji. Hasil survei itu juga nantinya akan digunakan sebagai salah satu pertimbangan dalam penyusunan kebijakan haji berikutnya.

Wakil Ketua DPR Anis Matta mengatakan, survei yang dilakukan oleh tim independen nantinya akan mencari tahu tingkat kepuasan jemaah haji. Survei juga dilakukan terhadap sejumlah fasilitas bagi jemaah haji di Arab Saudi.

"Pemantauan haji dapat dilakukan pemerintah sedangkan untuk mengetahui tingkat kepuasan jamaah dapat diketahui lewat survei tersebut," katanya di Madinah, Arab Saudi, Sabtu (13/10/2012).

Dia mengungkapkan, survei itu nantinya akan dijadikan bagian dari penyelenggaraan haji, karena jemaah merupakan end-user atau pengguna utama dari pelayanan haji yang diberikan pemerintah.

Menurutnya, hasil survei itu juga akan memberikan rekomendasi kepada para pelaksana ibadah haji. "Survei seperti ini nantinya akan mengimbangi dari sisi laporan DPR, dan hasil di lapangan. Dengan survei ini, kita akan mendapatkan laporan dari lapangan secara akurat tentang tingkat kepuasan jamaah," jelasnya.
(lil)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7199 seconds (0.1#10.140)