Parpol harus tampilkan pemimpin baru

Jum'at, 20 Juli 2012 - 02:29 WIB
Parpol harus tampilkan pemimpin baru
Parpol harus tampilkan pemimpin baru
A A A
Sindonews.com - Kejenuhan masyarakat terhadap figur lama yang kembali diusung sejumlah partai politik (parpol) seharusnya ditanggapi dengan sikap lapang dada untuk memberikan kesempatan kepada figur alternatif yang lebih baru.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Anis Matta mengatakan, nantinya para figur lama yang diusung sebagai calon presiden (capres) dengan sendirinya akan legowo jika sudah ada figur-figur alternatif.

"Persoalan sebenarnya adalah, bagaimana kita bisa mendorong munculnya alternatif sementara ada kendala di aturan. Karena kalau masih mengacu aturan sekarang itu maksimal hanya akan ada empat pasang calon, sehingga partai yang punya peluang mengusung capres ya itu-itu saja dengan tokoh yang itu-itu juga," katanya di Gedung DPR, Jakarta, Kamis 19 Juli 2012.

Menurutnya, Jika peluang memunculkan figur capres juga terbuka bagi partai menengah tanpa harus tergantung koalisi, tentu akan banyak alternatif figur yang muncul. "Sekarang kan kondisinya kalau parpol tidak mencukupi (syarat 20% kursi di DPR) sudah putus asa duluan untuk mengusung calon. Jadi kendalanya di aturan," tegasnya.

Sementara itu, Ketua MPR Taufiq Kiemas mengatakan, wacana regenerasi yang terus dia suarakan bukanlah untuk menghalangi seseorang untuk maju di Pilpres. Dia hanya mengingatkan, jika ada arus bawah yang menginginkan regenerasi.

"Bukan hanya PDIP, tapi bangsa indonesia harus siap menerima regenerasi. Orang ada yang ngomong regenerasi dipaksakan, siapa yang memaksakan? Saya tidak pernah memaksakan regenerasi. Regenerasi itu memang harus ada, karena itu suatu keniscayaan," ujarnya.
(lil)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.5417 seconds (0.1#10.140)