Ketua MPR: Ideologi lebih penting dari figur

Selasa, 17 Juli 2012 - 16:14 WIB
Ketua MPR: Ideologi lebih penting dari figur
Ketua MPR: Ideologi lebih penting dari figur
A A A
Sindonews.com - Calon pemimpin harus memiliki ideologi dan orientasi kepemimpinan yang jelas sebelum maju dalam proses pemilihan umum (Pemilu). Ketua MPR Taufiq Kiemas mengatakan, ideologi jauh lebih penting dibandingkan faktor figur bagi seorang calon pemimpin.

"Aku enggak setuju pemilihan presiden yang enggak punya ideologi. Jadi harus ada ideologi, jangan sampai presiden dan wapres, gubernur, serta bupati enggak punya ideologi. Kalau presiden enggak ada ideologi, mati jadi zombie," katanya di Gedung MPR/DPR, Jakarta, Selasa (17/7/2012).

Dia mencontohkan, tingginya perolehan suara pasangan Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama di Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta. Menurutnya, kemenangan kandidat yang diusung PDIP-Partai Gerindra itu bukan karena popularitas, melainkan mengandalkan ideologi kerakyatan.

"Enggak mungkin orang hanya mengandalkan popularitas (bisa menang pemilu). Kalau tidak punya ideologi enggak bisa (menang pemilu)," ujarnya.

Dia juga menyebut kesuksesan Joko Widodo di Solo, Jawa Tengah, adalah hasil dari penerapan ideologi yang diyakininya. "Dia dalam hal ekonomi menerapkan ekonomi kerakyatan, lalu kebhinekaan juga diterapkan. Itu ideologi Pancasila yang memang melekat pada figur Jokowi," tukasnya.
(lil)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4863 seconds (0.1#10.140)