MUI Dukung Istigasah dan Zikir Nasional Tangkal Corona

Kamis, 09 April 2020 - 13:05 WIB
MUI Dukung Istigasah dan Zikir Nasional Tangkal Corona
MUI Dukung Istigasah dan Zikir Nasional Tangkal Corona
A A A
JAKARTA - Majelis Ulama Indonesia (MUI) mendukung diselenggarakannya kegiatan Istigasah dan Zikir Nasional untuk memohon doa kepada Allah SWT dalam rangka menangkal pandemi virus corona yang melanda bangsa Indonesia dan seluruh masyarakat dunia. Usulan menyelenggarakan istigasah dan zikir nasional itu muncul pada saat rapat kerja Komisi VIII DPR RI secara virtual dengan Kementerian Agama beberapa hari lalu.

Wakil Ketua Umum MUI Zainut Tauhid Sa'adi berpendapat, sebagai umat beragama, berdoa menjadi bagian yang sangat penting bagi kehidupan bangsa Indonesia. Dia mengatakan, berdoa merupakan ikhtiar batin untuk memohon pertolongan Allah SWT agar bangsa Indonesia diberikan kekuatan, kesabaran dan keselamatan dalam menerima ujian, cobaan, musibah dan marabahaya termasuk wabah pandemi virus corona.

"Dalam kegiatan istigasah akan diisi dengan bacaan-bacaan kalimat thayyibah, seperti zikir, selawat kepada Nabi dan pembacaan doa. Kegiatan tersebut bisa dikaitkan sekaligus dengan acara targhib menyongsong Bulan Suci Ramadhan yang sebentar lagi tiba," ujar Zainut Tauhid Sa'adi dalam keterangan tertulisnya, Kamis (9/4/2020).

Karena ada kebijakan pemerintah untuk menjaga jarak aman atau physical distancing dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), lanjut dia, MUI mengusulkan pelaksanaan kegiatan istigasah dan zikir bersama dilakukan secara online yang disiarkan langsung melalui televisi nasional. "Sehingga bisa diikuti oleh seluruh rakyat Indonesia dari kediamannnya masing-masing," pungkas pria yang juga menjabat sebagai wakil menteri agama ini. (Baca Juga: Imam Besar Istiqlal Ajak Tokoh Agama Doa Bebaskan Bangsa dari Corona).

Sebelumnya, Juru bicara Fraksi PKS Hidayat Nur Wahid menyampaikan untuk menanggulangi wabah Covid-19 perlu menghadirkan pendekatan spritual melalui Istgasah dan Zikir Nasional dengan mengajak seluruh masyarakat untuk bermunajat kepada Allah SWT agar bangsa Indonesia diselamatkan dari ancaman wabah Covid 19. Dia berharap Kementerian Agama menginisiasi kegiatan tersebut dan mengusulkan agar Istigasah dan Zikir Nasional langsung dipimpin oleh Wakil Presiden RI Kai Ma'ruf Amin yang juga sebagai Ketua Umum MUI.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5039 seconds (0.1#10.140)