Fokus untuk Bansos dan Padat Karya, Realisasi Dana Desa Baru 13%

loading...
Fokus untuk Bansos dan Padat Karya, Realisasi Dana Desa Baru 13%
Fokus untuk Bansos dan Padat Karya, Realisasi Dana Desa Baru 13%
A+ A-
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan dana desa pada tahun ini difokuskan pada dua hal yakni, bantuan sosial (Bansos) dan padat karya tunai.

“Dana Desa bisa kita gunakan untuk dua hal. Pertama bantuan sosial warga desa yang terdampak. Kedua program padat karya tunai di desa. Ini yang harus dipercepat,” katanya saat membuka rapat terbatas terkait Percepatan Program Padat Karya Tunai, Selasa (7/4/2020). (Baca juga: Jokowi: Dana Desa Bisa Digunakan untuk Atasi Dampak Corona)

Namun begitu Jokowi menyoroti realiasasi anggaran yang belum memenuhi target. Dia mengatakan penyaluran dana desa tahap pertama baru 32% yakni Rp9,3 triliun dari pagu sebesar Rp28 triliun. “Artinya dari total Rp72 triliun baru 13%. Masih kecil sekali,” ungkapnya.

Dia meminta kepada Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi agar membuat pedoman. Hal ini dilakukan agar program padat karya dapat lebih masif dan tepat sasaran. “Harus diberikan prioritas pada keluarga-keluarga miskin, pada pengangguran, pada yang setengah menganggur. Kalau bisa upah kerja diberikan setiap hari tapi kalau tidak bisa ya satu minggu,” ujarnya.



Lebih lanjut Jokowi mengingatkan agar pelaksanaan padat karya tunai ini tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat. “Menjaga jarak, memakai masker sehingga pelaksanaan program padat karya tunai tidak menganggu upaya kita untuk memutus rantai COVID 19,” katanya.
(cip)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top