Malaysia Lockdown, Pemerintah Siapkan Bansos untuk WNI

Selasa, 31 Maret 2020 - 15:17 WIB
Malaysia Lockdown, Pemerintah Siapkan Bansos untuk WNI
Malaysia Lockdown, Pemerintah Siapkan Bansos untuk WNI
A A A
JAKARTA - Pemerintah berencana menyalurkan bantuan sosial (bansos) bagi warga negara Indonesia (WNI) di Malaysia yang bertahan tidak pulang ke Indonesia. Hal ini dilakukan untuk memberikan kenyamanan bagi WNI yang terdampak kebijakan Movement Control Order (MCO) atau lockdown.

"Arahan Presiden, kita akan mengirim bantuan sosial kepada WNI di Malaysia," kata Menteri Koordinator (Menko) bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendi saat konferensi pers, Selasa (31/3/2020).

Dia mengatakan, bansos ini hanya diberikan kepada WNI di Malaysia dengan kriteria tertentu. Terutama diberikan kepada para pekerja migran yang sangat terdampak.

"Terutama bagi mereka yang berstatuts pekerja harian, buruh harian yang terdampak pada kenijakan pemerintah Malaysia status MCO tadi," tuturnya. (Baca juga: Penundaan Pilkada Timbulkan 3 Potensi Masalah Baru)

Dia menyebut sementara ini bansos yang akan dikirim adalah dalam bentuk sembako dan bahan-bahan kebutuhan pokok. Pihaknya masih akan terus berkoordinasi dengan pemerintah Malaysia terkait mekanisme penyaluran bansos tersebut

"Nanti pengirimannya akan menggunakan fasilitas TNI. Dan TNI akan berkomunikasi dengan tentara Diraja Malaysia untuk angkutan daratnya ketika bantuan itu sampai di Malaysia," ujarnya.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan, sejauh ini Perwakilan Pemerintah RI di Malaysia telah menyalurkan bantuan kepada para WNI. Setidaknya sudah lebih dari 3.000 bantuan logistik yang diberikan .

"Ini akan dilanjutkan sesuai dengan kebutuhan dan sesuai situasi di negara Malaysia yang dalam hal ini dalam status MCO. Maka ini akan terus dikoordinasikan dengan pemerintah Malasyia," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7446 seconds (0.1#10.140)