Imbas Lockdown Akibat Pandemi COVID-19, 135 WNI Dipulangkan dari India

Senin, 24 Agustus 2020 - 17:10 WIB
loading...
Imbas Lockdown Akibat Pandemi COVID-19, 135 WNI Dipulangkan dari India
135 WNI di India kembali ke Tanah Air akibat kebijakan lockdown yang diterapkan pemerintah India akibat COVID-19. FOTO/KEMLU
A A A
JAKARTA - Repatriasi warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri terus berlanjut. Kementerian Luar Negeri (Kemlu) melalui perwakilannya di New Delhi, India kembali menunjukkan komitmen perlindungan WNI dengan membantu kepulangan mandiri 135 WNI ke Tanah Air.

Menggunakan penerbangan Garuda Indonesia yang berangkat pada Rabu (19/8/2020) lalu, para WNI tiba di Jakarta pada esok harinya, (20/8/2020) sekitar pukul 00.25 WIB. Sejak 24 Maret lalu, mereka diketahui tertahan dan tidak bisa kembali ke Indonesia karena kebijakan lockdown yang diterapkan pemerintah India akibat pandemi COVID-19.

Duta Besar Indonesia untuk India, Arto Suryodipuro turun langsung ke bandara untuk menjamin semua perencanaan repatriasi berjalan dengan baik sesuai rencana, sekaligus mendoakan keselamatan para WNI.( )

"Para WNI tersebut berasal dari New Delhi, Maharashtra, West Bengal, Tamil Nadu dan Rajasthan. Karena jarak yang jauh dan menyesuaikan waktu keberangkatan melalui New Delhi, sebagian peserta repatriasi terpaksa menggunakan penerbangan domestik dari daerah masing-masing sehari sebelumnya," demikian keterangan resmi Kemlu, Senin (24/8/2020).

Salah seorang peserta, Arif Rahman Hakim menyampaikan kebahagiaannya karena bisa pulang ke Indonesia. Ia pun menceritakan sebagian kecil pengalamannya selama tertahan di India akibat pandemi corona.

"Sudah setengah tahun lebih saya tinggalkan anak istri, karena masalah lockdown di India saya nggak bisa pulang. Bekal di rumah dan untuk saya di sini juga sudah sangat menipis. Alhamdulillah, akhirnya baru hari ini bisa pulang, rasanya seperti mimpi saja. Terima kasih tulus saya buat jajaran KBRI yang sejak hari pertama sampai saat ini terus membantu kepentingan kami semua di India," ujarnya.( )

Menurut keterangan dari KBRI New Delhi, program repatriasi mandiri kali ini merupakan yang keenam sejak pertama kali dilaksanakan pada Mei lalu. Hingga saat ini, KBRI New Delhi telah sukses memulangkan sebanyak 373 orang WNI.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1897 seconds (0.1#10.140)