Lawan Corona, Pemerintah Tambah 100 Ribu Alat Pelindung Diri

Senin, 30 Maret 2020 - 20:08 WIB
Lawan Corona, Pemerintah Tambah 100 Ribu Alat Pelindung Diri
Lawan Corona, Pemerintah Tambah 100 Ribu Alat Pelindung Diri
A A A
JAKARTA - Pemerintah akan menyediakan 100 ribu unit alat pelindung diri (APD) untuk tenaga medis pada hari ini. Sebelumnya pemerintah telah mendistribusikan 165 ribu APD ke seluruh wilayah.

“Kemudian juga hari ini mudah-mudahan kalau tidak ada hambatan, akan tiba 100 ribu unit lagi APD,” kata Ketua Gugus Tugas Penanganan Virus Corona (COVID-19) yang juga Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo saat konferensi pers, Senin 30/3/2020).

Doni mengatakan, APD tersebut berasal dari industri dalam negeri. Dia mengaku seharusnya APD tersebut diekspor namun kebutuhan domestik diutamakan.

“Saya katakan berulang kali APD ini produksi dalam negeri yang harusnya diekspor karena bahan bakunya berasal dari luar negeri. Tetapi berdasarkan hasil koordinasi dari beberapa menteri terutama menteri luar negeri dan menteri lainnya ada kesepakatan bahwa kita juga mendapatkan hak dan prioritas untuk memenuhi kebutuhan domestik,” tuturnya.(Baca Juga: Jokowi Siap Berlakukan Darurat Sipil Bendung Corona, Begini Aturannya)

Berdasarkan laporan Menteri Perindustrian, lanjut dia, sudah ada 28 industri tekstil yang di kemudian hari mampu memproduksi APD. Walaupun sebagian besa bahan bakunya berasal dari impor.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7286 seconds (0.1#10.140)