Pemerintah Wacanakan Larangan Mudik, DPR: Demi Kemaslahatan Umat

Jum'at, 27 Maret 2020 - 00:34 WIB
Pemerintah Wacanakan Larangan Mudik, DPR: Demi Kemaslahatan Umat
Pemerintah Wacanakan Larangan Mudik, DPR: Demi Kemaslahatan Umat
A A A
JAKARTA - Pemerintah tengah mengkaji beberapa opsi terkait mudik Lebaran 2020, salah satunya opsi larangan mudik. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya mencegah penyebaran virus Corona.

Menanggapi hal tersebut, Anggota Komisi VIII DPR Selly Andriany Gantina angkat suara. "Pemerintah sedang menghitung lewat kajian matang. Tujuan utamanya kan maslahat seluruh masyarakat," ungkapnya di Jakarta, Kamis (26/3/2020).

Anggota Komisi VIII yang membidangi sosial agama dan kebencanaan ini juga menyebut bahwa kekhusyukan ibadah Ramadhan tidak akan terganggu oleh virus ini. (Baca juga: Kemendagri Sebut Imbauan Tunda Mudik karena Corona Sudah Tepat)

"Poinnya ibadah selama bulan suci Ramadhan tidak kehilangan makna sucinya. Masyarakat tetap bisa beribadah secara khusyuk walaupun dalam kondisi prihatin. Pemerintah harus jamin" ungkapnya.

"Bisa dong kita menunjukkan rasa empati sebagai umat beragama dengan tidak mudik dulu. Ada sekian risiko yang mungkin lebih besar kalau mudik. Bisa membahayakan sanak keluarga di kampung halaman," tambahnya.

Politikus PDIP ini juga menyebut bahwa Corona tidak akan bisa teratasi jika tidak ada kesadaran bersama. "Nuansa Lebaran kan tetap bisa dirayakan dengan teknologi. Tinggal video call atau skype. Kalau tidak begitu nanti risiko paparan virus bisa kemana-mana. Harus sadar kita lawan Corona ini itu butuh kerja sama," kata Selly. (Baca juga: Dampak Corona ke Ekonomi Daerah Perlu Diantisipasi)
(jon)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8849 seconds (0.1#10.140)