Golkar-Nasdem Mau Naikkan PT 7%, Begini Respons PDIP

Kamis, 12 Maret 2020 - 18:35 WIB
Golkar-Nasdem Mau Naikkan PT 7%, Begini Respons PDIP
Golkar-Nasdem Mau Naikkan PT 7%, Begini Respons PDIP
A A A
MAKASSAR - Sekjen DPP PDIP, Hasto Kristiyanto ikut berkomentar terkait usulan Partai Golkar dan Nasdem yang ingin menaikkan ambang batas parlemen atau Parliamentary Threshold (PT) hingga 7% pada Pemilu 2024.

Hasto menyatakan pihaknya tetap berpegang pada hasil Kongres dan Rakernas Partai bahwa PT 5% berjenjang ke bawah. Maksudnya 5% untuk DPR RI, 4% DPRD provinsi, dan 3% DPRD kota. (Baca juga: Demokrat Tak Setuju Ambang Batas Parlemen Naik 7% )

"Sesuai keputusan Kongres yang diperkuat dalam Rakernas, PDIP mengusulkan PT 5 persen tetapi berjenjang ke bawah," ujar Hasto usai membuka Rakerda DPD PDIP Sulawesi Selatan di Hotel Claro, Makassar, Kamis (12/3/2020).

Namun demikian, Hasto mengatakan PDIP tetap memerhatikan dan menghargai Partai Golkar dan Partai Nasdem yang ingin menaikkan angka PT menjadi 7 persen.

"Karena Golkar dan Nasdem mengusulkan 7 persen, kami juga harus memerhatikan bagaimana musyawarah guna membangun demokrasi yang lebih sehat," ujarnya.

Hasto beralasan di era banyaknya partai politik sekarang ini diperlukan pula multipartai yang sederhana. "Ini dalam rangka penguatan sistem presidensial itu sendiri," kata anak buah Megawati Soekarnoputri di PDIP itu. (Baca juga: PKS Tolak Usulan Nasdem soal Parliamentary Threshold 7%)

Sebelumnya, sejumlah partai telah menyampaikan aneka reaksi atas keputusan Golkar dan Nasdem tersebut.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3973 seconds (0.1#10.140)