Partai Gelora Dukung Parliamentary Threshold 4%, Begini Alasannya

Minggu, 19 Juli 2020 - 14:22 WIB
loading...
Partai Gelora Dukung Parliamentary Threshold 4%, Begini Alasannya
Ketua Umum Partai Gelora Indonesia, Anis Matta dalam peluncuran aplikasi partainya secara virtual, Minggu (19/7/2020). Foto/SINDOnews/Rico Simanjuntak
A A A
JAKARTA - Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia mendukung ambang batas parlemen atau Parliamentary Threshold (PT) 4%. Alasannya, agar tidak ada suara rakyat yang hilang.

"Ini kalau PT kita mendukung yang paling kecil, 4 persen saja lah. Alasannya untuk memaksimalkan tingkat partisipasi dan supaya tidak ada suara rakyat yang hilang kalau banyak partai yang tidak lolos threshold," ujar Ketua Umum Partai Gelora Indonesia, Anis Matta dalam peluncuran aplikasi partainya secara virtual, Minggu (19/7/2020). (Baca juga: Jelang Pilkada Dinilai Rawan Manipulasi Anggaran dan Pencitraan)

Dirinya pun memberikan contoh misalnya ada 15 partai politik peserta pemilu. Namun, hanya lima partai yang lolos ke Parlemen.

"Itu kan 10 partai sisanya punya suara. Kalau digabung itu jumlahnya sangat besar, tapi harus dikasih ke partai-partai yang lolos. Berarti ada suara yang sebenarnya jadi sia-sia," jelasnya. (Baca juga: Polemik RUU HIP, Pengamat: Makzulkan Jokowi dan Bubarkan PDIP Berlebihan)

Maka itu, kata dia, Partai Gelora mendukung ambang batas parlemen 4%. "Karena menurut saya dalam peta sosiologis di Indonesia, 4 persen adalah angka paling rasional meningkatkan tingkat partisipasi seluruh elemen bangsa, insya Allah," pungkasnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1789 seconds (0.1#10.140)