Wakapolri Ajak Mahasiswa Jaga Nilai Kebinekaan dan Pancasila

Rabu, 11 Maret 2020 - 17:09 WIB
Wakapolri Ajak Mahasiswa Jaga Nilai Kebinekaan dan Pancasila
Wakapolri Ajak Mahasiswa Jaga Nilai Kebinekaan dan Pancasila
A A A
PEKANBARU - Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono memberikan kuliah umum pada para mahasiswa di Universitas Riau pada Rabu (11/3/2020) ini. Dalam kesempatan itu, dia pun mengajak generasi penerus bangsa untuk menjaga nilai kebinekaan dan Pancasila.

Menurut Gatot, Indonesia tidak akan bubar meski diterpa berbagai macam persoalan, salah satunya persoalan politisasi identitas. Maka itu, dia meminta agar seluruh elemen masyarakat untuk tak terjebak dengan gelombang negatif politisasi identitas tersebut, termasuk para civitas akademi di seluruh Indonesia.

Adapun caranya, kata dia, dengan menjaga demokrasi dalam kebinekaan dan tidak mengartikan demokrasi sebagai kebebasan yang sebebas-bebasnya. Namun, demokrasi merupakan kebebasan yang taat terhadap rule of law.

"Pahami bahwa civitas akademia, para mahasiswa dan mahasiswi, punya tanggung jawab yaitu menjalankan peran sebagai guardian of value-menjaga nilai-nilai kebinekaan dan Pancasila, serta akar persatuan dan kesatuan," ujarnya dalam kuliah umum tersebut, Rabu (11/3/2020).

Dia menerangkan, memang tidak dipungkiri politisasi identitas itu faktual, tapi fakta itu justru jangan sampai menjadikan masyarakat menyerah dengan berbagai gelombang negatif itu. Berbagai gelombang negatif haruslah dilawan, yakni dengan tetap berpegang teguh pada nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika.

"Lewat hoaks, medsos, dan fenomena post-truth, hal ini saling berkaitan, itu semua tentu saja dapat mengganggu demokrasi di Indonesia. Maksimalkan dan eksplorasi kemampuan sebagai bentuk perlawanan terhadap politisasi identitas," katanya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5589 seconds (0.1#10.140)