alexametrics

PKB Segera Keluarkan 50 Rekomendasi Calon Kepala Daerah

loading...
A+ A-
JAKARTA - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) masih terus menggodok nama-nama yang bakal diusung untuk maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020. Ketua Desk Pilkada DPP PKB, Faisol Reza mengatakan saat ini sebenarnya sudah ada sejumlah nama bakal calon yang telah diberikan surat penugasan untuk proses maju dalam Pilkada 2020."Kita sudah ada beberapa nama yang keluar, cuma belum signifikan. Kita nanti akan umumkan yang agak signifikan itu sekitar pertengahan bulan ini, sudah ada beberapa nama yang kita rilis," ujar Faisol Reza, Minggu (8/3/2020).

Didesak berapa jumlah rekomendasi yang akan dikeluarkan pada pertengahan Maret ini, Ketua Komisi VI DPR RI ini menyebutkan ada sekitar 50 nama. "Memang ada beberapa yang sudah kita berikan surat penugasan karena calon-calon ini belum punya wakil, misalnya, supaya cari wakil, kemudian minta dukungan dari partai lain, tetapi itu kan internal saja. Nanti pada saatnya mereka akan kita umumkan kalau sudah melengkapi syarat-syarat yang kita minta. Salah satunya ya wakil itu," tuturnya.

Ditanya siapa saja nama bakal calon yang sudah diberikan surat tugas, Faisol Reza mengatakan singkat, "Masih rahasia," katanya.



Disinggung mengenai nama-nama yang akan didukung oleh PKB menduduki posisi Wakil Gubernur DKI Jakarta, Faisol mengatakan bahwa soal posisi wagub DKI juga segera dibahas dalam satu dua hari ke depan. "Tapi yang pasti kita prihatin sudah terlalu lama (posisi wagub DKI) kosong," katanya.

Ditanya siapa di antara dua nama kandidat Cawagub DKI, yakni Ahmad Riza Patria dari Partai Gerindra dan Nurmansyah Lubis dari PKS, Faisol Reza mengaku kedua nama tersebut sebenarnya potensial untuk mendampingi Anies Baswedan. "Kita mau yang terbaik. Kita tunggu saja. Kita pertimbangan yang terbaik aja," katanya.

Namun, dari informasi yang diperoleh, salah satu nama yang bakal diusung PKB dalam Pilkada Serentak 2020 adalah Wali Kota Payakumbuh Riza Pahlepi sebagai Calon Gubernur (Cagub) Sumatera Barat (Sumbar). Riza bahkan disebut juga mendapatkan dukungan dari Gubernur Sumbar Irwan Prayitno. Dukungan tersebut dibuktikan dengan langkah Irwan Prayitno yang mengantarkan langsung Riza Pahlepi untuk menemui Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar untuk meminta rekomendasi pencalonan, belum lama ini.

PKB sendiri menjadi partai politik (parpol) pertama yang menyetujui dan memberikan rekomendasi kepada Riza Pahlepi sebagai Cagub Sumbar. DPP PKB mengeluarkan surat persetujuan No 214, Desk Pilkada/PKB/III/2020 sebagai bentuk rekomendasi resmi untuk pencalonan pasangan H Riza Pahlepi Dt Ampek Suku dan H Febby Dt Bangso Sst Par, MPar sebagai Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar pada Pilkada Serentak 2020.

Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar meyakini bahwa pasangan ini akan bisa memenangkan Pilkada Sumbar. Apalagi, sebelumnya Gubernur Sumbar Irwan Prayitno langsung datang bersilaturahim kepada Cak Imin bersama pasangan calon tersebut.

"Semoga dengan rekomendasi dari PKB, kita berharap dukungan serupa juga diberikan oleh PKS kepada Pak Riza dan Pak Febby," tutur Cak Imin, Minggu (8/3/2020).

Saat ini, Riza Pahlepi masih menjabat Wali Kota Payakumbuh untuk periode kedua yang masa jabatannya akan berakhir pada tahun ini. Sedangkan Febby merupakan Ketua DPW PKB Sumbar. Febby sendiri mengaku PKB akan berkoalisi dengan partai manapun terutama dengan PKS yang sudah secara intens memperkenalkan cagubnya langsung kepada Cak Imin.

"Beberapa waktu lalu, Pak Riza sudah dibawa langsung bertemu Cak Imin. Cak Imin sudah secara terang-terangan menyatakan dukungan kepada Pak Riza," katanya.
(kri)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top