PKB-Demokrat Jalin Koalisi di 30 Pilkada Serentak 2020

Rabu, 08 Juli 2020 - 19:10 WIB
loading...
PKB-Demokrat Jalin Koalisi di 30 Pilkada Serentak 2020
Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar (Gus AMI) di sela menerima kunjungan Ketua Umum DPP Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Kantor DPP PKB, Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat, Rabu (8/7/2020). Foto/SINDonews/Abdul Rochim
A A A
JAKARTA - Menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 pada 9 Desember mendatang, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menjajaki koalisi dengan Partai Demokrat . Hingga saat ini, sedikitnya ada 30 daerah yang sudah dipastikan kedua partai mengusung pasangan calon yang sama.

”Tadi dihitung sudah 30-an (daerah) dengan Demokrat,” ujar Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar (Gus AMI) di sela menerima kunjungan Ketua Umum DPP Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Kantor DPP PKB, Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat, Rabu (8/7/2020). (Baca juga: Terima Kedatangan AHY, Cak Imin: Selamat Jadi Ketua Umum)

Angka tersebut masih sangat mungkin bertambah karena hingga saat ini, dari 270 kabupaten/kota dan provinsi yang akan menggelar pilkada tahun ini, PKB sendiri baru mengeluarkan rekomendasi untuk 80 pasangan calon. Sayangnya, Gus AMI tidak mau merinci daerah mana saja koalisi PKB-Demokrat dalam Pilkada Serentak 2020 nanti.

Selain soal pilkada, dalam pertemuan tersebut juga dibahas berbagai isu lainnya seperti tantangan pandemi COVID-19, ekonomi nasional yang semakin berat menghadapi ancaman krisis. Juga soal koalisi kedua parpol dalam isu-isu di Parlemen.

”Kita berharap produktif lagi mengabdi dan menghasilkan produk-produk DPR yang dibutuhkan masyarakat. DPR yang mampu menghasilkan keputusan baik APBN, undang-undang, dan sistem pengawasan yang membantu masyarakat mengatasi jangka pendek pandemi COVID-19, dan jangka panjang ekonomi nasional secara menyeluruh. Moga-moga kebersamaan Demokrat dan PKB selalu terjaga dengan baik,” tutur Gus AMI.

Sementara itu, AHY mengatakan, Demokrat dan PKB ada banyak kesamaan dan keselarasan dalam melihat Indonesia secara utuh. Salah satunya dalam bidang politik, kedua partai ingin mewujudkan politik yang berkeadaban dan juga menyatukan.

“Mudah-mudahanan melalui ajang Pilkada Serentak 2020 ini kebersamaan di sejumlah daerah bisa jadi awal yang baik untuk semakin dekatnya dua partai ini,” tuturnya.

Terkait koalisi di pilkada ini, AHY mengatakan bahwa ke depan akan terus dibahas lebih dalam, tidak hanya di 30 daerah, tapi akan lebih banyak lain. ”Sejauh ini sudah ada yang dibahas, tapi masih ada yang akan terus dibahas,” paparnya.

AHY datang ke Kantor DPP PKB didampingi sejumlah elite Partai Demokrat antara lain Sekjen DPP Teuku Riefky Harsya, Bendahara Umum Renville Antonio, Anggota Fraksi PD DPR Herman Khaeron, dan Kepala Bappilu Andi Arief. (Baca juga: Mendagri Ingin Target Partisipasi Pilkada Serentak 2020 Capai 82%)

Mereka disambut Cak Imin bersama sejumlah elite PKB antara lain Sekjen DPP PKB Hasanuddin Wahid, Wakil Ketua Umum Jazilul Fawaid, Ketua Desk Pilkada Faisol Reza, Ketua Fraksi PKB DPR Cucun Ahmad Syamsurijal, Ketua Komisi X DPR dari Fraksi PKB Syaiful Huda, dan Ketua DPP Ahmad Iman.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4141 seconds (0.1#10.140)