alexametrics

Survei Median: Jika Pilpres Dilakukan Hari Ini, Pemenangnya Prabowo

loading...
A+ A-
JAKARTA - Lembaga survei Median menguji 23 nama segi popularitas dan elektabilitas dalam Pilpres 2024. Nama-nama itu di antaranya Menhan Prabowo Subianto, Mendagri Tito Karnavian, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan politikus Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).
Hasil survei Median menyebutkan bahwa Prabowo mendapatkan elektabilitas sebesar 18,8 persen. Sementara di posisi kedua ditempati Anies Baswedan dengan 15,8 persen, disusul Sandiaga Uno 9,6 persen.

"Ini adalah elektabilitas tertutup dari 23 tokoh. Jadi kalau pemilu dilakukan saat ini, maka yang menang adalah Prabowo Subianto, yang kedua Anies Baswedan, kemudian Sandiaga Uno," ujar Peneliti Median Rico Marbun di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Senin (24/2/2020).

Tiga nama tersebut mengalahkan tokoh-tokoh lainnya, seperti Agus Harimurti Yudhoyono (8,3 persen), Ridwan Kamil (5,7 persen), Ganjar Pranowo (5,5 persen), Khofifah Indar Parawansa (5,4 persen), dan Tri Rismaharini (3,3 persen). (Baca juga: Prabowo: Pejabat Harus Siap Jadi Samsak Tinju Publik).



Rico mengatakan, dari hasil survei tersebut dapat disimpulkan bahwa Pilpres 2024 merupakan ajang pertarungan antara mantan capres-cawapres dengan gubernur-wakil gubernur.

Dari segi popularitas, Median menyebutkan Prabowo tetap jadi tokoh yang paling dikenal oleh publik. Namun, Anies Baswedan turun jadi posisi nomor 3 karena dikalahkan oleh Sandiaga Uno

"Dari 23 tokoh, Prabowo Subianto mendapatkan 93,6 persen, Sandi 83,9 persen, Anies Baswedan 78,6 persen, AHY 67,9 persen, Puan Maharani 55,4 persen," terangnya.

Survei Median melibatkan sebanyak 1.200 responden yang tersebar dari 33 provinsi di Indonesia. Responden dipilih secara random dengan teknik multistage random sampling.

Survei ini pun dilakukan pada pekan pertama hingga kedua Februari 2020 dengan margin of error sebesar 2,8 persen, dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. (Baca juga: Survei: Tanpa Jokowi, Prabowo Capres Terkuat 2024).
(zik)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top