Soroti Ketidaksinkronan Komunikasi, Pengamat Nilai Prabowo Subianto Antikritik

Sabtu, 16 Desember 2023 - 22:08 WIB
loading...
Soroti Ketidaksinkronan Komunikasi, Pengamat Nilai Prabowo Subianto Antikritik
Pakar komunikasi politik sekaligus Direktur Nusakom Pratama Institute Ari Junaedi melihat ada ketidaksinkronan dalam pola komunikasi Capres Prabowo Subianto. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Pola komunikasi Prabowo Subianto semakin menunjukkan jika capres nomor urut 2 tersebut antikritik. Hal itu terlihat dari adanya ketidaksinkronan komunikasi yang dibangun.

Hal itu dikatakan pakar komunikasi politik sekaligus Direktur Nusakom Pratama Institute Ari Junaedi terkait potongan video Prabowo di acara Rapat Kerja Nasional (Rakornas) Gerindra yang digelar di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat, 15 Desember 2023.

"Pernyatan-pernyataan Prabowo, baik dalam forum debat maupun dalam forum resmi dan internal partai semakin menunjukkan adanya ketidaksinkronan pola komunikasi yang terbangun," ujar Ari, Sabtu (16/12/2023).



Pengajar di berbagai universitas di Tanah Air ini menilai, ucapan Prabowo semakin menunjukan sifat aslinya yang antikritik. Dalam psikologi komunikasi, kondisi seperti Prabowo sangat tidak layak untuk dijadikan pemimpin karena ketidakmampuan olah verbalnya.

"Pelarian dari jawaban yang harus diberikan dalam debat dengan berjoget dan mencibir serta emosional yang tidak tertahankan, sudah lebih dari cukup dari indikasi dari ketidakberesan pengolahan verbal dan nonverbal," tuturnya.



Sekadar diketahui, beredar potongan video Prabowo Subianto di acara Rapat Kerja Nasional (Rakornas) Gerindra yang digelar di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat, 15 Desember 2023. Dalam video tersebut, Prabowo seolah-olah menyinggung pertanyaan dari capres nomor urut 1, Anies Baswedan saat debat perdana yang mempertanyakan perasaan Prabowo soal putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang meloloskan Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres pendampingnya.

Anies menyebut putusan MK yang memuluskan jalan Gibran Rakabuming sebagai cawapres itu cacat lantaran melibatkan pelanggaran etika berat Ketua MK Anwar Usman saat itu, sebagaimana putusan Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) pada 7 November lalu. Anwar Usman sendiri merupakan Paman dari Gibran dan juga adik ipar dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Bagaimana perasaan Mas Prabowo? Soal etik, etik, etik, ndasmu (kepalamu) etik," kata Prabowo dalam potongan video tersebut yang disambut tepuk tangan keras dari seluruh kader gerindra yang hadir di Rakornas tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1312 seconds (0.1#10.140)