Bangun Museum SBY-Ani, SBY Punya Kecintaan Besar terhadap Museum

Jum'at, 21 Februari 2020 - 05:15 WIB
Bangun Museum SBY-Ani, SBY Punya Kecintaan Besar terhadap Museum
Bangun Museum SBY-Ani, SBY Punya Kecintaan Besar terhadap Museum
A A A
JAKARTA - Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan melakukan ground breaking pembangunan Museum dan Galeri Seni SBY-Ani di Ploso, Pacitan, Jawa Timur, pada Sabtu 22 Februari 2020 mendatang.

Menurut Ketua Umum Asosiasi Museum Indonesia (AMI), Putu Supadma Rudana mengatakan bahwa ini bukan kali pertama SBY membangun museum. Menurut kecintaan SBY terhadap museum sangat besar selama ini.

“Pak SBY dalam kepemimpinannya selama 10 tahun menjadi presiden, telah memberikan sumbangsih besar demi kemajuan permuseuman di Indonesia. Bahkan, SBY membangun berbagai museum termasuk Museum Kepresidenan Balai Kirti yang menampilkan presiden-presiden Indonesia dari pertama sampai keenam yang telah berkontribusi demi kemajuan bangsa,” ujar Putu dalam siaran pers yang diterima SINDOnews, Kamis (20/2/2020).

Putu menjelaskan, pada 2012, museum Kepresidenan RI Balai Kirti dibangun. SBY sebagai Presiden kala itu juga menjadi penggagas pendirian museum yang diresmikan pada tanggal 18 Oktober 2014. Selain itu, SBY juga yang telah menggagas Gerakan Nasional Cinta Museum di Indonesia.

Kemudian pada 2016, lanjut dia, AMI juga menganugerahkan SBY sebagai Bapak Pemajuan Permuseuman Indonesia di TMII Jakarta. “Bapak SBY begitu Berjasa dalam Pemajuan Permuseuman Indonesia khususnya selama 10 tahun kepemimpinan beliau dari 2004 sampai 2014, banyak ide beliau yang membuat terobosan untuk museum,” ungkap Politisi Partai Demokrat itu.

Menurut Putu, tentu menjadi kebanggaan bagi AMI karena tokoh besar Indonesia yaitu SBY turut membangun museum demi meluhurkan dan memuliakan permuseuman Indonesia. Dia juga Museum SBY dan Galeri Ani akan menjadi salah satu museum yang terbaik di Tanah Air dan akan ramai dikunjungi oleh lapisan masyarakat yang ingin tau sejarah mengenai SBY dan Ani.

Tak lupa, Putu juga mengucapkan selamat kepada Ketua Umum Partai Demokrat tersebut. “Selamat kepada Bapak SBY atas ground breaking Museum dan Galeri Seni SBY-Ani,” pungkasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9105 seconds (0.1#10.140)