SBY Unggah 5 Lukisan Terbaru, Salah Satunya Analogi Kondisi Demokrat Saat Ini

Senin, 01 November 2021 - 16:11 WIB
loading...
SBY Unggah 5 Lukisan Terbaru, Salah Satunya Analogi Kondisi Demokrat Saat Ini
Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengunggah lukisan terbarunya di Instagram miliki mendiang istrinya, Ani Yudhoyono, Senin (1/11/2021). FOTO/Instagram/@aniyudhoyono
A A A
JAKARTA - Melukis menjadi kegiatan harian yang dipilih Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) setelah menyelesaikan tugas sebagai Presiden RI selama dua periode. Hari ini, Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat (PD) itu membagikan hasil karyanya melalui akun Instagram mendiang istrinya, Ani Yudhoyono.

"Teman-teman sebagian tahu bahwa melukis adalah salah satu keseharian saya. Jadi di samping menunggui Lavani selesai berlatih bola volley, melakukan kegiatan lain, membaca, menulis, menonton televisi, setiap hari saya melukis," tulis SBY di akun Instagram @aniyudhoyono, Senin (1/11/2021).

SBY mengaku meniatkan diri menguasai dunia lukis, karena hal tersebut merupakan cara untuk membawa kedamaian di hati.

Baca juga: Hebat! SBY Telurkan 54 Lukisan Alam Indonesia

"Minggu ini saya Alhamdulillah menyelesaikan sejumlah lukisan. Oleh karena itu Senin pagi ini saya ingin menjelaskan kepada teman-teman yang mengikuti kegiatan saya melukis dan menyenangi lukisan-lukisan saya. Saya akan jelaskan satu demi satu sesuai rampungnya lukisan itu," kata SBY.

Yang pertama, kata SBY, adalah sebuah pemandangan di Eropa, indah ada Padang rumput, ada pohon Cemara, perbukitan baik yang tepi dekat dan jauh, serta langit menunjukkan jelang senja. Menurut SBY, di mana pun berada, manusia harus menyenangi alam semesta, bumi, dan pandai merawat dan menjaganya agar jangan sampai rusak.

Kemudian SBY melanjutkan dengan lukisan kedua yang digambar dalam kanvas besar 1,5 meter x 2 meter. SBY menyebutkan memiliki tantangan sendiri melukis di atas kanvas ukuran besar.

"Ini sepenuhnya imajinasi saya. Mungkin tidak ada foto yang menunjukkan lukisan ini. Dan lukisan ini saya beri nama The Secret of God Power. Pemikiran dan imajinasi apa yang dianggap tidak mungkin bisa terjadi," kata SBY.

Lukisan tersebut adalah sebuah medan luas dan kering kerontang tidak ada air berpuluh-puluh kilometer, perbukitan dengan berbagai corak. Tiba-tiba di lereng bukit merah ini ada mata air semacam sendang Kahuripan, ada dua pohon dan sejumlah rerumputan.

Baca juga: Lukisan Koleksi Pangeran Muhammad bin Salman, Karya Da Vinci Termahal di Dunia

"Sepertinya impossible di alam seperti ini ada mata air dan sebuah kehidupan. Tapi terjadi. Ini kebesaran Allah. Untuk mencapai tempat ini mungkin ada puluhan perbukitan, padang pasir yang luas dan jauh dari mana-mana, sulit mendapatkan air. Harus terus mencari, dan ketika ada kehidupan untuk mencapainya tidak mudah," kata SBY.

Artinya, jelas SBY, untuk mencapai tujuan besar, cita-cita mulia, jalannya sering tidak mudah, harus mengarungi Medan dan tantangan seperti di medan ini. Kehidupan yang penuh permasalahan tantangan dan rintangan, tapi memiliki tekad membaja untuk mencapai hal tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1046 seconds (0.1#10.140)