Menag Yakin Arab Saudi Tambah Kuota Haji Indonesia

Selasa, 18 Februari 2020 - 19:27 WIB
Menag Yakin Arab Saudi...
Menag Yakin Arab Saudi Tambah Kuota Haji Indonesia
A A A
JAKARTA - Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi yakin permintaan penambahan kuota haji sebanyak 10 ribu jamaah pada tahun ini akan dikabulkan Pemerintah Arab Saudi.

Setidaknya keyakinan Menag terlihat dari isyarat tubuh atau body language dari pihak Pemerintah Arab Saudi saat berbincang dengan Fachrul.

"Kalau melihat body language-nya sepertinya diizinkan. Apalagi saya sudah minta bantuan pak presiden Joko Widodo untuk bisa membantu ini," ujar Fachrul dalam jumpa pers di Kantornya, Jakarta Pusat, Selasa (18/2/2020).

Fachrul mengungkapkan sudah meminta tambahan dari kuota yang sudah ada sebesar 221 ribu. Namun, kata Fachrul, pihak Pemerintah Arab Saudi berpendapat 10 ribu itu bukan masuk kedalam kuota tapi tambahan.

"Sudah kita minta tambahan mereka bilang kalau dipenuhi itu bukan kuota, katanya itu tambahan jemaah buat kita gak persoalan apa namanya," jelasnya.

Fachrul juga mengungkapkan dari pengalaman sebelumnya, pihak pemerintah Arab Saudi pernah memberikan tambahan kuota namun secara tiba-tiba. "Karena pengalaman tahun-tahun yang lalu pernah dapat tambahan 10 ribu tapi diberikannya pada saat mendadak sehingga kita mengalami kesulitan," ungkapnya.

Maka dari itu, tambahan kuota 10 ribu diasumsikannya telah masuk kuota. Jika ditotal, kuota jamaah haji untuk Indonesia sebanyak 231 ribu.

"Kita asumsikan sudah mendapat 231 ribu sehingga kalau nanti ternyata tidak jadi tambah 10 ribu, buat kita lebih mudah mengurangi daripada menambah," tuturnya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1413 seconds (0.1#10.140)