PAN Buka Peluang Dukung Pansus Jiwasraya

Rabu, 05 Februari 2020 - 17:28 WIB
PAN Buka Peluang Dukung Pansus Jiwasraya
PAN Buka Peluang Dukung Pansus Jiwasraya
A A A
JAKARTA - Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) tidak menutup diri soal usulan pembentukan panitia khusus (Pansus) Angket Jiwasraya di DPR yang digagas Fraksi Partai Demokrat dan Fraksi PKS. Menurutnya, sinyal itu disampaikan dalam pertemuan Ketua Umum (Ketum) PAN Zulkifli Hasan dengan Presiden PKS Sohibul Iman pada Selasa (4/2/2020) malam.

Namun, keputusan resminya akan disampaikan oleh DPP dan Pimpinan Fraksi PAN. “Betul (PAN tidak menutup dukungan terhadap Pansus), tapi tentu keputusan itu ada di DPP, dan itu DPP belum memutuskan secara resmi. Tadi malam dari obrolan itu kelihatannya kita tidak keberatan dengan adanya Pansus,” ujar Ketua DPP PAN Yandri Susanto di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (5/2/2020). (Baca juga: Fadli Zon: Logikanya Memang yang Harus Dibentuk Pansus Jiwasraya )

Yandri mengungkapkan, Zulkifli Hasan dan Sohibul Iman sudah bertemu dan membahas soal berbagai isu yang salah satunya adalah soal Jiwasraya dan Asabri. Dan pada prinsipnya PAN setuju bahwa kasus Jiwasraya ini ditelusuri di mana persoalan yang menyebabkan dana Jiwasraya bobol dan gagal bayar ke nasabah.

“Saya kira kalau DPR menggunakan haknya di antaranya membentuk Pansus atau alat kelengkapan lain itu enggak masalah. Itu dalam rangka bentuk pengawasan,” terang Ketua Komisi VIII DPR itu.

Soal kapan PAN akan menyampaikan sikapnya, Yandri menjelaskan bahwa PAN masih fokus pada pelaksanaan Kongres V PAN yang akan dilaksanakan pada 10-12 Februari mendatang. Namun pada prinsipnya, PAN akan ikut andil jika itu berhubungan dengan hak rakyat. (Baca juga: Pansus Jiwasraya Diharapkan Tak Mengarah Isu Politis )

“Tapi kapan resminya bagaimana mekanismenya tentu itu wewenang ketua umum dan fraksi,” tandasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5976 seconds (0.1#10.140)