Ungkap Jiwasraya, Panja DPR Segera Panggil Pakar hingga Erick Thohir

Kamis, 23 Januari 2020 - 20:52 WIB
Ungkap Jiwasraya, Panja...
Ungkap Jiwasraya, Panja DPR Segera Panggil Pakar hingga Erick Thohir
A A A
JAKARTA - Panitia Kerja (Panja) Jiwasraya Komisi VI DPR telah melakukan rapat internal guna menentukan jadwal kerja panja serta fokus yang akan didalami.

(Baca juga: Soroti Kasus Jiwasraya, PKB Minta Aparat Cegah Kejahatan Korporasi)

Untuk itu, diputuskan bahwa pihaknya akan mengundang para pakar, Menteri BUMN Erick Thohir dan Direksi Jiwasraya pada pekan depan.

"Selasa (28/1) para pakar asuransi, juga pakar saham, dan investasi akan dipanggil Selasa jam 1," kata Anggota Panja Jiwasraya Komisi VI DPR Andre Rosiade seusai rapat di Kompleks Parlemen Senayan, Kamis (23/1/2020).

"Abis itu, Rabu (29/1) kita juga akan memanggil Erick Thohir dan juga Jiwasraya. Agenda selanjutnya akan ditetapkan setelah pertemuan tersebut," tambahnya.

Dalam agenda tersebut, Andre menjelaskan, Panja akan mendengar keterangan para undangan tersebut terkait persoalan Jiwasraya. Perlu diketahui, pada 16 Desember 2019 lalu, Komisi VI sudah rapat dengan Jiwasraya dan mereka berjanji akan melakukan skenario pembayaran.

Sehingga, pihaknya akan meminta keterangan dari Jiwasraya dan menuntut Jiwasraya apa langkah-langkah yang sudah dilakukan dan kapan akan dibayar.

"Karena, dijanjikan juga pada rapat 16 Desember kemaren akan ada pembayaran. Jadi jadi kita akan tanyakan kapan akan dibayar," jelasnya.

"Lalu apa yang sudah dilakukan selama ini karena Panja ini ingin memberikan solusi agar nasabah bisa dikembalikan uangnya dan juga agar masalah ini cepat selesai," sambungnya.

Untuk pakar-pakar tersebut, Andre melanjutkan, terkait dewan asuransi, Panja bisa mengetahui bagaimana pengelolaan asuransi dan penyebab perusahaan asuransi yang lain bisa sehat sementara Jiwasraya tidak.

Sementara pakar investasi dan saham, Panja akan mendalami bagaimana masalah Jiwasraya karena selama ini dikatakan bahwa gagal bayar terjadi karena 'saham gorengan'.

"Jadi kita akan mendengar para pakar itu. Hari Rabu kita akan ketemu pak Erick Thohir dan Jiwasraya. Nanti setelah ketemu pak menteri nanti akan kita bahas agenda lanjutan," terangnya.

Politikus Gerindra ini menerangkan, dalam rapat 16 Desember lalu, Jiwasraya mengatakan, ada investor dan mereka sedang bernegosiasi dengan perbankan dalam negeri maupun luar negeri untuk memberikan suntikan uang untuk Jiwasraya.

"Kita tunggu keterangan-keterangan nanti. Yang psti saya akan sampaikan untuk pakar rapatnya insyallah terbuka untuk Jiwasraya dan menteri sebagaian akan terbuka dan sebagian dilakukan tertutup," jelas Andre.

Terkait dengan pelibatan Komisi VI DPR dalam Tim Penyelamatan BUMN Pemerintah, Andre menegaskan bahwa itu merupakan domain Kementerian BUMN, berbeda dengan Panja Komisi VI.

Walaupun menurut dia, nantinya Panja akan meminta penjelasan terkait skenario-skenario pemerintah. "Jadi, tunggu saja insyallah kita akan bekerja keras agar kasus Jiwasraya terang benderang," tandasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0655 seconds (0.1#10.140)