Kasus Asabri, KPK Tunggu Hasil Audit BPK

Rabu, 15 Januari 2020 - 15:16 WIB
Kasus Asabri, KPK Tunggu Hasil Audit BPK
Kasus Asabri, KPK Tunggu Hasil Audit BPK
A A A
JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut pihaknya sudah berkoordinasi dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait adanya dugaan korupsi di PT Asabri. KPK pun masih menunggu hasil pembahasan audit yang dilakukan internal BPK.

"Kami sudah koordinasi dengan BPK. Masih menunggu hasil audit BPK yang rencana akan disampaikan Kamis besok. Kami sudah berkoordinasi intens untuk menangani perkara ini," ujar Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron, Rabu (15/1/2020).

(Baca juga: Ketua MPR Minta KPK Gencarkan Pencegahan Korupsi)

Nurul mengungkapkan, usai pembahasan di internal BPK rencananya kasus Asabri akan dibahas bersama KPK pada Kamis (16/1) besok. "Siang ini mereka (BPK) akan bahas internal. Besok, Kamis akan koordinasi dengan KPK," kata Ghufron.

Dikesempatan berbeda, BPK menaksir kerugian di perusahaan asuransi negara PT Asabri (Persero) mencapai Rp16 triliun.

"Baru perkiraan, BPK sedang mengumpulkan data dan informasi di perkirakan potentsi kerugian Rp10-16 triliun," ujar anggota BPK Harry Azhar saat dikonfirmasi.

Harry menyampaikan, setelah selesai mengumpulkan data secara keseluruhan, BPK berencana menyerahkan ke KPK. Hal ini untuk ditindaklanjuti oleh KPK. "Iya akan diserahkan ke KPK," jelasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9335 seconds (0.1#10.140)