Hasto: Kedepankan Mental Berdikari dan Energi Positif bagi Kemajuan Bangsa

Sabtu, 21 Desember 2019 - 18:47 WIB
Hasto: Kedepankan Mental Berdikari dan Energi Positif bagi Kemajuan Bangsa
Hasto: Kedepankan Mental Berdikari dan Energi Positif bagi Kemajuan Bangsa
A A A
PDI Perjuangan mengucapkan syukur dan terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia yang telah hadir sebagai benteng demokrasi dimana Pemilu serentak 2019 berlangsung dengan demokratis, aman, dan tertib.

Hal itu disampaikan Sekjen DPP PDIP, Hasto Kristiyanto saat konferensi pers persiapan HUT PDIP ke-47 dan Rakernas I di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Sabtu (21/12/2019). Menurut Hasto, prinsip kedaulatan rakyat bekerja dengan baik dan menjadi benteng utama demokrasi. Seluruh rakyat Indonesia paham bagaimana pemilu saat itu berlangsung begitu kompleks dan diwarnai oleh ujaran kebencian, fitnah, hoaks yang nyaris merobek persatuan dan kesatuan bangsa.

"Namun ditengah ujian demokrasi tersebut, rakyat mampu hadir sebagai penjaga demokrasi. Rakyat Indonesia terbukti digerakkan oleh hati nurani, dan tidak terseret oleh ujaran kebencian yang berlangsung secara masif," ujar Hasto.

Lebih lanjut Hasto mengatakan, guna memaknai kepercayaan rakyat yang hadir sebagai ruh demokrasi tersebut, PDI Perjuangan yang dipercaya rakyat memenangkan dua kali berturut-turut Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden, terus melakukan langkah konsolidasi ideologi, organisasi, politik, dan konsolidasi kader, konsolidasi program dan seluruh sumber dayanya, untuk memperkuat jalan kemajuan Indonesia dengan merancang haluan negara.

Menurutnya, haluan negara memuat arah pembangunan negara, suatu overall planning yang bertopang pada riset, inovasi dan penguasaan teknologi yang paling tepat untuk mengolah seluruh sumber daya nasional Indonesia. Haluan negara juga mengandung roadmap bagaimana Indonesia berdikari khususnya di bidang pangan, obat-obatan, energi ramah lingkungan, dan mampu mendayagunakan seluruh kekayaan flora-fauna dalam keseimbangan dengan lingkungan hidup agar tetap asri dan sehat bagi kehidupan.

"Maka kami canangkan pada tanggal 2 Februari 2020 gerakan penghijauan yang akan kami sentralkan dengan program pajajaran dengan menghijaukan membersihkan sepanjang sungai Citarum oleh kader-kader PDIP," ucapnya.

Menurut dia, PDI Perjuangan juga terus mendorong kebijakan industri, baik terkait pangan, papan, industri kimia dasar, petrochemical, manufakturing peralatan industri, dan juga industri oleokimia dan lain-lain yang membentuk konsolidasi industri hulu-hilir.

"Industri Methanol misalnya, sangat realistik untuk diperkuat. Pabrik pupuk bisa dilamukan dukungan kebijakan melakukan diversifiksi karena kemampuannya di dalam rancang bangun dan juga sebagai upaya mengurangi defisit neraca perdagangan. Dalam industri obat-obatan, dan pangan, termasuk pengelolaan kekayaan laut, peluang Indonesia juga sangat besar, jadi dalam umbi-umbian sumber karbohidrat protein gizi buah-buhan sayur-sayuran kita ini luar biasa sehingga seharusnya kita bisa dalam hal strategis tersebut," katanya.

Untuk itu, momentum HUT 47 dan Rakernas PDI Perjuangan akan membahas hal-hal strategis terkait masa depan bangsa dan negara. "Kita kedepankan mental berdikari, semangat juang, dan energi positif bagi kemajuan bangsa," tutur dia.

Kata Hasto, itulah refleksi akhir tahun ini pihaknya lebih banyak merencanakan terhadap masa depan dengan belajar dari masa lalu dengan mengambil kebijakan terhadap seluruh rekaman jejak peradaban nusantara yang sebenanrnya begitu kaya dan punya semangat visioner, semangat menguasai dunia, semangat membangun peradaban dan menguasai dunia yang dimaksudkan membangun peradaban dunia yang adil yang makmur.

"Karena ideologi pancasila tidak mengenal kapitalisme komunisme idelogi pancasila mengandung sebuah cita-cita untuk mmebangun persaudaraan dunia yang semakin adil semakin makmur dan membangun nilai-nilai kemanusiaan bagi seluruh umat manusia," pungkasnya.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7010 seconds (0.1#10.140)