Jaga Ekosistem Laut, Pemerintah Giatkan Aksi Bersih Pantai

Jum'at, 29 November 2019 - 21:02 WIB
Jaga Ekosistem Laut, Pemerintah Giatkan Aksi Bersih Pantai
Jaga Ekosistem Laut, Pemerintah Giatkan Aksi Bersih Pantai
A A A
JAKARTA - Komitmen Indonesia untuk mengurangi sampah padat sejumlah 70% pada tahun 2025 kembali dikukuhkan melalui penyelenggaraan Aksi Bersih Pantai yang kali ini dilaksanakan di Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk, Jakarta, Sabtu (30/11/2019).

Aksi bersih pantai ini diselenggarakan oleh Direktorat Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Pesisir dan Laut, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia bekerja sama dengan Perutusan Tetap Republik Indonesia untuk ASEAN.

Dalam rangka memperkuat aksi dan kolaborasi antarnegara Anggota ASEAN dan Negara Mitra ASEAN untuk mencegah dan mengurangi pencemaran sampah plastik yang berasal dari aktivitas manusia di darat maupun di laut.

Aksi Bersih Pantai bertajuk "ASEAN Coastal Clean-Up 2019" ini dibuka dibuka oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya Bakar dan dihadiri oleh 20 Duta Besar dan/atau Perwakilan dari Negara Anggota ASEAN dan Negara Mitra ASEAN.

Turut hadir Pejabat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) dan Kementerian/Lembaga terkait dan diikuti pula oleh peserta dari unsur pelajar dan lainnya.

Menteri LHK Siti Nurbaya mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya konkret Indonesia untuk merespons tantangan baru masyarakat global dalam menjaga ekosistem laut, yakni isu sampah plastik dan mikroplastik.

"Tantangan baru ini telah menimbulkan permasalahan lingkungan, ekonomi, kesehatan, dan permasalahan sosial yang mengancam kehidupan manusia serta biota laut," kata Siti Nurbaya.

Selain dalam Perpres Nomor 83 Tahun 2018 mengenai Penanganan Sampah Laut, Indonesia juga telah menetapkan Rencana Aksi Nasional yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan serta menghubungkan seluruh sektor yang berfokus pada pencemaran yang berbasis daratan.

Sebelumnya, kegiatan serupa dilakukan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui Direktorat Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Pesisir dan Laut bekerja sama dengan Pusat Informasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Indonesia di Pantai Mertasari, Sanur, Bali.

Kegiatan ini merupakan ekspresi kesadaran masyarakat dunia dalam memerangi sampah plastik di laut, serta menciptakan dampak yang lebih luas pada generasi muda untuk lebih terlibat dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.

Pasalnya, pada kesempatan tersebut, 1.221 pemuda delegasi 3rd Asia World Model United Nations (AWMUN III) dari 78 negara turut menjadi peserta bersama dengan jajaran pemerintah Provinsi Bali, Pemerintah Kota Denpasar, RC3S (Regional Capacity for Clean Seas), dan komunitas seperti Eco Bali, dan Trash Hero.

Tercatat sepanjang tahun 2015-2019, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bersama seluruh partner telah melaksanakan Aksi Bersih Pantai di 29 lokasi yang melibatkan 19.581 peserta dengan total sampah yang dikumpulkan sebanyak 42,8 ton.

Kegiatan bersih pantai merupakan kesempatan dan sekaligus sarana edukasi yang efektif untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat untuk melakukan pengendalian pencemaran pesisir dan laut khususnya yang berasal dari laut.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5325 seconds (0.1#10.140)