Tiga Pejabat Indonesia Dikenal Jujur dan Sederhana Sepanjang Masa

loading...
Tiga Pejabat Indonesia Dikenal Jujur dan Sederhana Sepanjang Masa
Tiga Pejabat Indonesia Dikenal Jujur dan Sederhana Sepanjang Masa
A+ A-
LARANGAN hidup bermewah-mewahan dikeluarkan Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis kepada anggota kepolisian. Larangan itu tidak hanya berlaku bagi polisi, tapi juga beserta keluarganya.

Kebijakan itu tercantum dalam telegram rahasia dari Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri pada 15 November 2019. (Baca juga: Kapolri Larang Anggota Kepolisian Tampil Hedonis)

Imbauan Kapolri mendapatkan respons positif karena sebagian pejabat saat ini, tidak hanya polisi tidak jarang menunjukkan sikap hidup mewah. Misalkan saja, rumah pribadi yang megah, kendaraan mewah, hingga aksesori seperti jam tangan mahal. (Baca juga: Hoegeng, Sosok Kapolri yang Tidak Mempan Disogok)

Dalam sejarah perjalanan bangsa ini, sebenarnya tidak sedikit pejabat yang dikenal jujur dan hidup sedernaha meskipun memiliki jabatan penting di negeri ini. Siapakah mereka? Berikut profil singkatnya.



1. Menteri Sutami
Tiga Pejabat Indonesia Dikenal Jujur dan Sederhana Sepanjang Masa

Insinyur Sutami adalah dikenal sebagai sosok sederhana. Jabatannya sebagai Menteri Pekerjaan Umum dan Tenaga Listrik selama 14 tahun dari era kepemimpin Soekarno (Orde Lama) hingga era Orde Baru di bawah kepemimpinan Soeharto tidak membuatnya hidup bermewah-mewahan.

Lulusan Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun 1956 ini dikenal sebagai orang yang berjasa dalam pembangunan infrastruktur besar yang hingga kini menjadi kebanggaan bangsa, di antaranya Gedung DPR, Jembatan Semanggi, Jembatan Ampera, hingga Bandara Ngurah Rai Bali.

Kendati memiliki jabatan penting, pria pendiam itu ternyata bukan sosok yang memanfaatkan fasilitas negara. Dia menolak fasilitas menteri dan tidak ingin merepotkan siapa pun.



Bahkan rumahnya di Jalan Imam Bonjol, Jakarta dibelinya dengan susah payah dengan cara menyicil. Rumah tersebut baru lunas setelah pria kelahiran 19 Oktober 1928 itu pensiun.
halaman ke-1 dari 4
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top