Zainut Tauhid, Kader NU dan PPP di Kursi Wamen Agama?

Jum'at, 25 Oktober 2019 - 11:05 WIB
Zainut Tauhid, Kader NU dan PPP di Kursi Wamen Agama?
Zainut Tauhid, Kader NU dan PPP di Kursi Wamen Agama?
A A A
JAKARTA - Sebagian kader Nahadlatul ulama (NU) sempat protes karena kursi Menteri Agama diduduki Fachrul Razi yang berlatar belakang militer. Apakah pemanggilan Zainut Tauhid oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengisi untuk mendampingi Fachrul Razi sebagai Wakil Menteri Agama?

Selama ini, Zainut memang lebih dikenal sebagai Wakil Ketua MUI yang mendampingi KH Ma’ruf Amin dalam beberapa tahun terakhir. Di parlemen, Zainut sudah menjadi Anggota DPR RI selama empat periode sejak 1997 hingga 2019. Pengalaman 17 tahun di DPR RI ditambah dengan kiprahnya di MUI, memang sudah pantas Zainut menduduki kursi tersebut. (Baca juga: Angela Tanoesoedibjo Satu-satunya Wamen Perempuan dan Termuda )

Di MUI Zainut pernah menduduki sejumlah jabatan, mulai Anggota Wakil Sekretaris dari Badan Pelaksana Harian Dewan Syariah Nasional, Ketua Bidang Hukum dan Perundang-Undangan, hingga EWakil Ketua Umum. Ia juag pernah menjadi anggota Lembaga Sensor Film (2009-2012), dan Anggota Dewan Pengawas Syariah di AXA Mandiri. (Baca juga: Posisi Menag Jadi Polemik, Lukman Hakim Bela Fachrul Razi )

Sementara kiprahnya di NU, sudah dilakoni sejak muda saat menjadi menjadi Ketua Umum Ikatan Pelajar NU (IPNU) selama dua periode pada tahun 1988-1996. Pengetahuannya tentang dunia islam, pesantren dan NU tentunya sudah tidak diragukan lagi. Sehingga selain sebagai politisi, Zainut sudah representatif untuk menjadi salah satu wakil NU di periode kedua kepemimpinan Presiden Jokowi.
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6554 seconds (0.1#10.140)