Menteri PPPA Dorong Pemberdayaan Perempuan di Bidang Kewirausahaan

Kamis, 24 Oktober 2019 - 13:59 WIB
Menteri PPPA Dorong Pemberdayaan Perempuan di Bidang Kewirausahaan
Menteri PPPA Dorong Pemberdayaan Perempuan di Bidang Kewirausahaan
A A A
JAKARTA - Setelah resmi dilantik Presiden Jokowi menjadi Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak , I Gusti Ayu Bintang Darmawati atau yang lebih dikenal Bintang Puspayoga mendorong pemberdayaan perempuan di dalam kewirausahaan.

"Ketika kita ingin memberdayakan perempuan di bidang kewirausahaan, banyak kementerian/lembaga yang bisa kita ajak koordinasi dan bersinergi, di antaranya Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah,” ungkap Bintang di kantornya pada Kamis (24/10/2019).

Bintang menegaskan, tidak boleh ada celah korupsi di kementerian yang dipimpinnya. Hal ini sesuai arahan Presiden Joko Widodo terkait isu pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

"Saya ingin menyampaikan beberapa arahan Presiden yang harus kita sikapi bersama. Secara umum, pertama di semua kementerian/lembaga tidak ada celah untuk melakukan korupsi. Kedua, kita harus kerja keras dan kerja cepat. Ketiga, jangan sekali-kali bekerja monoton, harus ada inovasi dan kreativitas dengan situasi dan kondisi yang ada," tegasnya.

Bintang menjelaskan, selain terkait pemberdayaan perempuan, Presiden juga menekankan pentingnya permasalahan terkait pekerja anak, melaksanakan kegiatan yang mendorong peran ibu dalam pendidikan, menurunkan angka kekerasan, dan mencegah perkawinan anak. Dalam menangani kekerasan terhadap perempuan dan anak, Kemen PPPA dapat bekerja sama dengan kementerian/lembaga, termasuk Polri.

"Saya yakin betul, dengan bekerjasama dan bersinergi kita akan memiliki kekuatan dan energi yang lebih besar, efektif, dan efisien. Kita harus memastikan bahwa setiap program dan kegiatan yang kita laksanakan betul-betul bermanfaat dan dirasakan oleh masyarakat," lanjut Bintang.

Bintang mengatakan, tidak akan berhenti belajar dan berjuang dalam menangani isu PPPA, tentunya dengan menjalin sinergi dan kerja sama dengan stakeholder Kemen PPPA, termasuk media dan lembaga swadaya masyarakat (LSM).

“Bagi saya tidak ada istilah tidak mungkin dan tidak bisa asal ada keinginan. Saya memiliki keyakinan yang sangat besar bahwa kita bisa bekerja maksimal. Saya ingin terus menambah wawasan dan kemampuan saya terkait amanah yang telah diberikan demi memajukan kementerian ini. Kita perlu bergandengan tangan dengan kementerian/lembaga dan LSM yang bisa menjadi mitra kita dalam menangani isu PPPA. Saya juga mengapresiasi peran media. Kita harus menjalin hubungan baik dengan media karena mereka adalah mitra baik Kemen PPPA. Mereka berada langsung di lapangan dan mungkin lebih paham terhadap permasalahan terkait perempuan dan anak," ucapnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3191 seconds (0.1#10.140)