PDIP Tegaskan Penambahan Koalisi Diputuskan Jokowi dan Parpol Koalisi

Jum'at, 18 Oktober 2019 - 14:18 WIB
PDIP Tegaskan Penambahan Koalisi Diputuskan Jokowi dan Parpol Koalisi
PDIP Tegaskan Penambahan Koalisi Diputuskan Jokowi dan Parpol Koalisi
A A A
JAKARTA - Sekjen DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto mengatakan, penambahan anggota koalisi diputuskan secara bersama-sama antara Presiden Jokowi dan partai politik Koalisi Indonesia Kerja (KIK). Hal ini dikatakan Hasto merespon isu penambahan koalisi.

"Kabinet hak prerogatif presiden tapi terkait koalisi pascapilpres misalnya penambahan parpol harus diputuskan bersama-sama. Fatsoennya seperti itu," kata Hasto, di sela-sela konsolidasi partai di Surabaya, Senin (18/10/2019).

"Dalam demokrasi yang sehat, koalisi sebelum pemilihan presiden dan setelah pilpres harusnya sama kecuali atas pertimbangan yang sangat strategis misalnya perlu konsolidasi kekuatan nasional menghadapi tantangan eksternal dan internal," imbuh dia.

Hasto menuturkan, bicara demokrasi yang tengah berkembang ini, maka dibutuhkan checks and balances. Sehingga, ia menganggap, partai mau di luar atau di dalam pemerintah memiliki peran yang sama.

Namun, dijelaskan Hasto, saat ini sedang terjadi proses membahas soal penambahan koalisi pascapilres tersebut. "Dialog sedang berjalan. Karena sedang berjalan belum ada keputusan," pungkasnya.
(pur)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.1286 seconds (11.210#12.26)