Franz Magnis: NKRI Tidak Akan Goyah Jika Nilai-nilai Pancasila Dipertahankan

Sabtu, 21 September 2019 - 19:46 WIB
Franz Magnis: NKRI Tidak Akan Goyah Jika Nilai-nilai Pancasila Dipertahankan
Franz Magnis: NKRI Tidak Akan Goyah Jika Nilai-nilai Pancasila Dipertahankan
A A A
JAKARTA - Budayawan Franz Magnis Suseno menyatakan kedaulatan NKRI tidak akan goyah jika nilai-nilai Pancasila tetap diterapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Saling menghargai dalam perbedaan. Di Jerman, mereka agak susah menerima orang dari luar Jerman. Tapi di Indonesia baik-baik saja, karena ada Pancasila," ujar Franz Mangnis usai menghadiri Dialog Meja Bundar dengan menghadirkan para tokoh nasional di Hotel Sahid, Jakarta, Sabtu (21/9/2019).

Menurut Franz, kelahiran Pancasila merupakan bukti dari kesepakatan bersama dari masyarakat Indonesia untuk bersatu dalam bingkai kedaulatan negara. Sehingga jika ada yang tidak setuju dengan Pancasila maka termasuk menolak persatuan Indonesia. "Kalau Pancasila ditolak, berarti persatuan juga ditolak," ujar Franz.

Franz menuturkan, nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila menyangkut kehidupan berbangsa dan bernegara. Dalam butir Pancasila menggambarkan bahwa negara Indonesia memiliki kesungguhan untuk menghadirkan keadilan di Indonesia.

"Etika Pancasila dalam nilai-nilai negara adalah kebebasan beragama, HAM, demokrasi dan keadilan sosial," ucapnya.

Maka itu, lanjut Franz, agar dapat menghadirkan keadilan sosial maka negara harus tetap mempertahankan marwah dan indepedensi organisasi antirasua dan menangkal paham radikalisme. "Tantangan kita kemiskinan, korupsi, dan radikalisme," pungkasnya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7512 seconds (0.1#10.140)