KSAL: Kuasai Laut Kunci untuk Meraih Kejayaan

Kamis, 29 Agustus 2019 - 21:44 WIB
KSAL: Kuasai Laut Kunci untuk Meraih Kejayaan
KSAL: Kuasai Laut Kunci untuk Meraih Kejayaan
A A A
JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji menegaskan, laut bukanlah sebatas sumber kehidupan. Siapapun yang mampu menghadirkan unsur kekuatannya di laut, baik armada kapal perang maupun kapal niaga, akan tampil pada tampuk kejayaan bahkan dapat memegang hegemoni kekuasaan atas negerinya.

Hal itu diungkapkan KSAL saat menjadi pembicara dalam seminar nasional yang mengangkat Sejarah Majapahit dengan tema "Refleksi Kejayaan Negara Agraris, Maritim dan Demokrasi Deliberatif, Dahulu, Kini dan Masa yang Akan Datang" di Museum Nasional Jalan. Medan Merdeka Barat No.12, Jakarta Pusat, Kamis, (29/8/2019).

Dalam paparannya yang berjudul, "Dinamika dan Peran Indonesia Dalam Membangun Peradaban Maritim Dunia” KSAL menyatakan, Kerajaan Majapahit telah mengembangkan potensi kemaritimannya guna mengokohkan hegemoni di bidang perdagangan dan politik.

”Untuk itu, Majapahit memberi perhatian khusus terhadap pembangunan galangan kapal yang mampu membuat kapal-kapal berukuran besar serta mengembangkannya sebagai bandar perdagangan,” ungkapnya.

Di era sekarang ini, TNI Angkatan Laut hadir dalam mendukung kebijakan kelautan Indonesia, menghadapi tantangan keamanan maritim maupun melaksanakan misi diplomasi dengan mengirimkan kapal perang ke Lebanon dalam misi Maritime Task Force maupun KRI Bimasuci dan KRI Dewaruci muhibah ke negara-negara sahabat.

Seminar yang dibuka Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy ini diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI bekerja sama dengan Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN).

Kegiatan tersebut bertujuan menjadikan nilai-nilai dan pengalaman sejarah kejayaan Majapahit untuk dijadikan modal sosial bagi kemajuan bangsa Indonesia di masa depan dalam menghadapi berbagai tantangan nasional, regional, maupun global.

Selain KSAL Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, pembicara lainnya yakni, Sutarto Alimoeso, Agus Aris Munandar, Plt. Bupati Mojokerto H. Pungkasiadi, Deputi IV Kemenko Maritim Safri Burhanuddin, serta Guru Besar UI Budi Susilo Soepandji. Hadir dalam seminar tersebut, Kadispenal Laksma TNI M. Zaenal, Kadisdikal Laksma TNI Ivan Yulivan, serta Kadiskumal Laksma TNI Kresno Buntoro.
(cip)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5007 seconds (0.1#10.140)