Ibu Kota Pindah, Jokowi Realisasikan Wacana Presiden Terdahulu

Selasa, 27 Agustus 2019 - 16:55 WIB
Ibu Kota Pindah, Jokowi Realisasikan Wacana Presiden Terdahulu
Ibu Kota Pindah, Jokowi Realisasikan Wacana Presiden Terdahulu
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai, hanya merealisasikan wacana presiden sebelumnya dalam memindahkan ibu kota dari Jakarta ke Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara di Kalimantan Timur (Kaltim).

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Ahmad Basarah mengatakan, rencana pemindahan ibu kota sudah pernah dibahas Pemerintahan era Soekarno.

"Begitu juga jaman Pak Harto (Soeharto-red) di Jonggol sebagai calon ibu kota provinsi," kata Ahmad Basarah di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (27/8/2019).

(Baca juga: Gerindra Tegaskan Prabowo Siap Berikan Lahan untuk Ibu Kota Baru)
Kemudian kata dia, Pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengkaji wacana pemindahan ibu kota itu. "Jadi sebenarnya Pak Jokowi hanya merealiasi antara Presiden Indonesia sebelumnya yang belum terlaksana," katanya yang juga sebagai Wakil Ketua MPR ini.

Apalagi kata dia, konsep pembangunan Pemerintahan Jokowi bersifat nasional sentris. Artinya lanjut dia, pembangunan tidak hanya terpusat di Jawa.

"Saya kira gagasan pemindahkan ibu kota itu bagian dari cara Presiden Jokowi mewujudkan sila keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesiaā€ˇ," tuturnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2202 seconds (0.1#10.140)