Ketua DPR Minta Wacana Pemberlakuan GBHN Dikaji Mendalam

Selasa, 13 Agustus 2019 - 14:06 WIB
Ketua DPR Minta Wacana Pemberlakuan GBHN Dikaji Mendalam
Ketua DPR Minta Wacana Pemberlakuan GBHN Dikaji Mendalam
A A A
JAKARTA - Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menilai, wacana pemberlakukan kembali Garis Besar Haluan Negara (GBHN), harus melalui kajian yang mendalam. Pasalnya, kondisi saat ini berbeda dengan beberapa tahun lalu saat GBHN diberlakukan.

"Saya berpandangan, GBHN perlu dikaji lebih dalam lagi. Karena dinamika ekonomi politik global sekarang ini sangat luar biasa berbeda dengan zaman 20 atau 50 tahun yang lalu," kata Bamsoet di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (13/8/2019).

Menurutnya, kajian ini akan menjawab apakah GBHN sesyai dengan dinamika global saat ini. Maka dari itu dia menilai perlu ada kajian yang melibatkan seluruh rakyat Indonesia. Termasuk juga kalangan akademisi di dalamnya.

"Karena begitu kita putuskan, maka itu akan mengikat puluhan tahun ke depan. Karena itu garis besar haluan negara kita, sementara dinamika ekonomi politik global itu sangat cepat, apakah ini masih tepat kita menggunakan platform GBHN? Karena dunia setiap hari berubah," ungkapnya.

Bamsoet memastikan, akan memperjuangkan GBHN di parlemen jika rakyat menghendaki penghidupan kembali. "Kalau rakyat membutuhkan kami di parlemen memperjuangkan," jelasnya.

"Tapi kalau rakyat mengatakan tidak membutuhkan karena tidak menjawab tantangan zaman ya kita akan mengikuti kehendak rakyat," pungkas politisi Partai Golkar itu.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6345 seconds (0.1#10.140)