PB HMI: Ormas Bertentangan dengan Ideologi Pancasila Harus Dibubarkan

Senin, 29 Juli 2019 - 00:55 WIB
PB HMI: Ormas Bertentangan dengan Ideologi Pancasila Harus Dibubarkan
PB HMI: Ormas Bertentangan dengan Ideologi Pancasila Harus Dibubarkan
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) R. Saddam Al Jihad menegaskan bahwa dalam ruang bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, setiap organisasi masyarakat (ormas) di Indonesia harus berlandaskan Ideologi Pancasila. "Dan yang bertentangan dengan ideologi Pancasila harus dibubarkan," ujar Saddam, Minggu (28/7/2019).

Dikatakan Saddam, HMI yang berazaskan Islam dengan mengutamakan pondasi keislaman dan ke-Indonesia-an adalah organisasi kemahasiswaan yang mempunyai pandangan sejalan dengan ideologi Pancasila. Dimana, agenda keislaman dalam sudut pandang kader HMI tidak bertentangan dengan dan ke-Indonesia-an.

Penulis buku “Pancasila Ideologi Dunia” ini berpandangan, ke depan negara harus melihat bahwa ormas yang mempunyai agenda bertentangan dengan ideologi Pancasila harus segera diambil sikap tegas hingga pembubaran. Apalagi bersifat menjadi pemecah belah bangsa.

"Nilai kebhinekaan adalah nilai kebangsaan yang lahir karena perbedaan, namun tetap harmonis dalam ruang ke-Indonesia-an. Artinya sudut pandang suku, ras, agama tidak menjauhkan dari nilai ke-Indonesia-an itu. Tidak ada propaganda yang mengedepankan politik identitas sekelompok mengatasnamakan SARA, terlebih lagi bertindak radikalisme," kata Saddam.

Pencetus UKM Pembinaan Ideologi Bangsa di kampus-kampus melalui Permenristek Dikti 55 tahun 2018 ini menegaskan, kampus harus jauh dari ormas yang jauh dari ideologi Pancasila. Ruang dialektika di kampus harus berwajah ke-Indonesia-an, bukan doktrin yang menjauhkan nilai ke-Pancasila-an.

Karena itu, dirinya mengajak generasi milenial untuk menolak ajakan ormas yang bersifat mengadu domba dan memecah belah masyarakat.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7259 seconds (0.1#10.140)