Prabowo Ingin Masalah Lingkungan dan Kehutanan Dipisahkan

Minggu, 17 Februari 2019 - 22:11 WIB
Prabowo Ingin Masalah Lingkungan dan Kehutanan Dipisahkan
Prabowo Ingin Masalah Lingkungan dan Kehutanan Dipisahkan
A A A
JAKARTA - Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto, akan memisahkan masalah lingkungan hidup dengan kehutanan. Hal itu disampaikan Prabowo dalam menjawab langkah strategis dalam mengatasi pencemaran lingkungan.

"Ini akan kita pisahkan, sehingga Kementerian Lingkungan Hidup, menegakan masalah lingkungan hidup, tidak jadi satu (dengan kehutanan-red)," ujar Prabowo dalam debat kedua capres, di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019).

Selain pemisahan masalah lingkungan hidup dari Kemenhut, Prabowo juga akan memperketat izin terkait lingkungan hidup dan melaksanakan Analisi Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal).

"Izin akan kita perketat, amdal harus dilaksanakan, tidak ada jalan pintas untuk amdal yang sangat cepat. Sering feasibility studies yang etok-etok," jelasnya.

(Baca juga: Duar, Ada Ledakan Keras di Sekitar Debat Capres)

Menurut Prabowo, persoalan lingkungan hidup sangat kritis karena menyangkut anak cucu manusia dikemudian hari. Dirinya berjanji bila diberi mandat memimpin Indonesia, dirinya akan menegakan hukum yang dilakukan secara tegas.

"Penegakan hukum dilakukan dengan tegas terhadap perusahaan yang tidak melaksanakan ketentuan. Di banyak tempat selama puluhan tahun perusahaan besar justru melanggar, meninggalkan limbah, tidak mau bayar pajak, dan kongkalikong patgulipat dengan pejabat, meninggalkan kewajibannya. Saya ingin penegakan hukum yang bersih," tuturnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6358 seconds (0.1#10.140)