Mendagri Dorong ASN Gunakan Aplikasi Dalam Melayani Masyarakat

Selasa, 22 Januari 2019 - 09:20 WIB
Mendagri Dorong ASN Gunakan Aplikasi Dalam Melayani Masyarakat
Mendagri Dorong ASN Gunakan Aplikasi Dalam Melayani Masyarakat
A A A
JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mendorong agar apartur sipil negara (ASN) mengoptimalkan aplikasi dalam hal melayani daerah dan masyarakat. Hal ini disampaikan Tjahjo saat menjadi Inspektur Upacara di Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah (Ditjen Bangda), Kalibata, Jakarta.

“Ayo gunakan aplikasi dalam memberikan pelayanan. Agar daerah dan masyarakat lebih mudah menerima pelayanan dan menjauhkan kita dari praktik korupsi," kata Tjahjo pada Senin, 21 Januari 2019 kemarin.

Tjahjo menuturkan, sudah banyak daerah yang memanfaatkan tekonologi informasi dan sudah terbukti korupsi di daerah tersebut berkurang. “Korupsi dapat dicegah dan diminimalkan dengan penggunaan teknologi informasi. Kemendagri harus mendorong daerah agar semua bisa melek teknologi”, tuturnya.
Tjahjo mengakui bahwa aplikasi tidak sepenuhnya dapat menghilangkan korupsi. “Pelayanan menggunakan aplikasi dapat memperkecil peluang korupsi karena tidak ada pertemuan yang dilakukan oleh kedua belah pihak. Walaupun demikian, aplikasi tetap menjadi andalan menekan korupsi saat ini," ujarnya.
Komitmen antikorupsi yang didengungkan oleh Tjahjo tersebut mengingat semakin banyak saja daerah yang terkena kasus korupsi, dan tidak sedikit pula kepala daerahnya ikut berperan melakukan korupsi.

“Korupsi itu bisa ditekan dengan cara mengurangi pelayanan secara tatap muka. Asal kita semua yakin dan serius, perlahan namun pasti korupsi di negara ini terus berkura," ucapnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5368 seconds (0.1#10.140)