Desak Mundur Amien Rais, Konflik di Internal PAN Ditanam Lawan Politik

Jum'at, 28 Desember 2018 - 15:06 WIB
Desak Mundur Amien Rais, Konflik di Internal PAN Ditanam Lawan Politik
Desak Mundur Amien Rais, Konflik di Internal PAN Ditanam Lawan Politik
A A A
JAKARTA - Desakan mundur terhadap dewan pertimbangan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais oleh sebagian pendiri PAN menjadi perbincangan hangat menjelang pergantian tahun 2018.

Direktur Eksekutif Voxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago menduga desakan yang digaungkan para pendiri PAN itu merupakan kepanjangan tangan rezim Jokowi untuk melemahkan atau mematikan mesin dukungan PAN terhadap Prabowo-Sandi.

"Diduga kelima pendiri PAN tersebut punya motif politis untuk melakukan operasi pembelahan dan dualisme pada kepengurusan PAN itu sendiri," kata Pangi melalui keterangan tertulis, Jumat (28/12/2018).

Bila itu yang terjadi, lanjut Pangi, sangat disayangkan rezim melakukan politik memecah belah dan melakukan pembelahan di internal PAN demi merusak soliditas dukungan PAN terhadap capres oposisi yang mengusung Prabowo-Sandi.

"Surat terbuka tersebut mengindikasikan adanya kejanggalan dalam upaya mendongkel dan men-deligitimasi posisi Amin Rais dari struktur partai," kata Pangi.

Namun demikian, imbuh Pangi, surat terbuka dari pendiri PAN ini dinilai tidak akan berdampak efektif terutama untuk menggoyang posisi Amien Rais. Sebab Amien Rais adalah sosok yang sangat powerfull di internal partai dan banyak memberi warna terhadap perjalanan panjang partai tersebut hingga hari ini.

"Di sisi lain, mereka yang memposisikan diri sebagai pendiri partai itu tidak punya pengaruh yang kuat di PAN sehingga tidak bisa mempengaruhi pengambilan keputusan di internal partai tersebut, membuat surat terbuka adalah pilihan terahir yang bisa mereka lakukan," kata Pangi.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7094 seconds (0.1#10.140)