Pendaftaran Capres-Cawapres, Penjagaan di KPU Dibuat Berlapis

Jum'at, 10 Agustus 2018 - 09:09 WIB
Pendaftaran Capres-Cawapres, Penjagaan di KPU Dibuat Berlapis
Pendaftaran Capres-Cawapres, Penjagaan di KPU Dibuat Berlapis
A A A
JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) hari ini (10/8/2018) akan menerima pendaftaran bakal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) periode 2019-2024. Hari ini merupakan batas akhir pendaftaran pasangan calon yang diusung parpol maupun gabungan parpol.

Dari pantauan SINDOnews di lokasi, tampak kantor KPU RI di jalan Imam Bonjol, Menteng sudah dipenuhi masyarakat yang ingin menyaksikan proses pendaftaran capres-capres.

Sistem keamanan pun ditingkatkan tak seperti biasanya. Seluruh sepanjang jalan di depan KPU terlihat sudah di pasang kawat berduri yang melingkar di bagian depan kantor KPU. Sementara aparat kepolisian juga mengalihkan atau menutup ruas jalan di depan KPU.

Tak hanya itu, jumlah personel keamanan pun terlihat ditingkatkan. Aparat keamanan yang bertugas diantaranya gabungan Polri dan anggota TNI yang dibantu pihak Dishub yang membantu untuk mengurai lalu lintas.

Adapun suasan di dalam pelataran Gedung KPU tampak ratusan wartawan, pegawai KPU dan aparat kepolisan/TNI yang berjaga. Keamanan masuk Gedung KPU juga ditingkatkan dengan memasang metal detektor yang dijaga pasukan pengamanan presiden.

Dari pantauan di lokasi, seluruh pengunjung yang hadir termasuk awak media harus diperiksa secara ketat sebagai bagian dari sistem keamanan yang diterapkan. Tampak di luar Gedung KPU sejumlah massa yang diketahui dari pendukung Jokowi sudah mulai berdatangan. Bahkan sebagian massa terlihat menggelar orasi dukungan.

Jika melihat dari jadwal yang sudah masuk ke KPU, rencananya pasangan Jokowi-KH Ma'ruf Amin yang pertama akan mendaftar ke KPU. Pasangan yang didukung sembilan parpol ini dikabarkan akan bergerak dari Gedung Joang 45. Sementara pasangan Prabowo-Sandiaga S Uno dikabarkan akan mendaftar selepas Salat Jumat.

Diketahui Jokowi selaku petahana telah memilih Ketua Umum MUI KH Ma'ruf Amin sebagai pendampingnya. Pasangan ini didukung oleh PDI Perjuangan, Golkar, Nasdem, PPP, PKB, Hanura, Perindo, PSI dan PKPI. Sedangkan duet Prabowo-Sandi didukung oleh Partai Gerindra, PKS dan PAN.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7395 seconds (0.1#10.140)