DMI Gandeng IAI Buat Pedoman Perancangan Masjid

Sabtu, 28 Juli 2018 - 22:13 WIB
DMI Gandeng IAI Buat Pedoman Perancangan Masjid
DMI Gandeng IAI Buat Pedoman Perancangan Masjid
A A A
JAKARTA - Dewan Masjid Indonesia (DMI) bekerjasama dengan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) untuk membuat Pedoman Perancangan Masjid. Kerjasama ini ditandai dengan penyelenggaraan Focus Group Discussion (FGD) tentang Pedoman Perancangan Masjid di Jakarta, Jumat.

Sekjen DMI Imam Addaruqutni pada pembukaan FGD tersebut mengatakan, Alquran dan Hadits menjadi dasar pedoman dalam mendirikan bangunan masjid.

"Tafsir dari ayat-ayat Alquran dan Hadits mempunyai visi bahwa masjid tidak hanya sebagai tempat sholat berjamaah, tapi juga untuk berbagai kegiatan keagamaan sehingga masjid juga dijuluki sebagai Pusat Ibadah dan Kebudayaan Islam," ujarnya

Pada kesempatan yang sama, Sekjen IAI Muhammad Amry menambahkan, kerjasama antara kedua belah pihak dibutuhkan untuk mengembangkan Pedoman Perancangan Masjid bagi seluruh masyarakat Indonesia. "Agar ke depannya, Indonesia punya Pedoman Perancangan Masjid sehingga akan memudahkan masyaraka," kata Amry.

Pada FGD ini dibahas sejumlah hal untuk kemudian dituangkan sebagai pedoman perancangan masjid, antara lain masjid ramah manula, anak dan disabilitas, tata suara masjid, arsitektur nusantara, dan ide pengembangan Smart Masjid yang dipersembahkan oleh Telkom Indonesia.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8519 seconds (0.1#10.140)