Kunci Terbentuknya Koalisi Keumatan Dinilai Ada di PKS dan PAN

Selasa, 05 Juni 2018 - 15:51 WIB
Kunci Terbentuknya Koalisi Keumatan Dinilai Ada di PKS dan PAN
Kunci Terbentuknya Koalisi Keumatan Dinilai Ada di PKS dan PAN
A A A
JAKARTA - Habib Rizieq Shihab mengimbau sejumlah partai politik (Parpol) seperti Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Bulan Bintang (PBB) bersatu membentuk koalisi keumatan. Bagaimana peluang terbentuknya koalisi ini?

Pengamat politik Indonesia Public Institute (IPI) Jerry Massie mengatakan, peluang terbentuknya koalisi keumatan sangat tipis. Ada sejumlah faktor politik yang memengaruhi, salah satunya proposal cawapres PKS yang kini belum disetujui Prabowo Subianto maupun Gerindra.

"Bila partai lain seperti PBB bisa gabung 100 persen, tapi PKS belum tentu," kata Jerry kepada SINDOnews, Selasa (5/6/2018).

Tak hanya faktor PKS, Jerry juga menyebut sikap politik PAN juga menentukan. Dia mengatakan, hingga saat ini PAN masih melihat peluang politik, apakah berada di barisan koalisi Jokowi atau sebaliknya mendukung barisan koalisi Prabowo.

Atas dasar itu, Jerry menilai imbauan Habib Rizieq ke sejumlah parpol untuk membentuk koalisi keumatan tak lebih hanya sekadar lobi atau marketing politik. "Sejauh ini kepastian, kontrak politik belum ada atau masih wacana belaka," ucapnya.

"Semua bisa berubah sebelum nama capres dan partai di sahkan KPU. Isu seperti ini sengaja dimainkan dan di goreng agar bisa menggoyahkan koalisi pemerintah. Tapi koalisi umat kendati pun jadi ini tetap akan tumbang," tambahnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7872 seconds (0.1#10.140)