Anwar Ibrahim Bertemu Sejumlah Tokoh Oposisi di Indonesia

Rabu, 23 Mei 2018 - 06:52 WIB
Anwar Ibrahim Bertemu Sejumlah Tokoh Oposisi di Indonesia
Anwar Ibrahim Bertemu Sejumlah Tokoh Oposisi di Indonesia
A A A
JAKARTA - Politikus Malaysia Anwar Ibrahim mengunjungi Jakarta, sesaat setelah dibebaskan dari penjara, usai kemenangan koalisi bersama mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohamad.

Kunjungan Anwar Ibrahim ke Jakarta ini bertepatan dengan 20 tahun reformasi di Indonesia. Sekaligus kunjungan pertama Anwar Ibrahim sebagai tokoh reformasi Malaysia yang baru saja membawa oposisi memenangkan pemilu bersama Mahathir Muhamad.

Anwar Ibrahim yang didampingi beberapa rombongan dan kerabatnya, mengadakan pertemuan dengan sejumlah tokoh politik Indonesia di salah satu hotel di Jakarta. Pertemuan tersebut dihadiri tokoh oposisi Indonesia Rizal Ramli dan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Ferry Juliantono.

Ferry Juliantono mengatakan, dirinya merasakan kemenangan oposisi di Malaysia rasanya seperti kemenangan bersama. Sebab ada beberapa persamaan isu, yang juga memungkinkan oposisi di Indonesia bisa memenangkan pemilu 2019.

"Saya yang juga pernah menjadi tahanan politik merasa tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan perjuangan Anwar Ibrahim. Perjuangan beliau (Anwar Ibrahim) dan Mahathir Mohamad luar biasa. Ini adalah Malay spring," kata Ferry menjelaskan pertemuan tersebut kepada SINDOnews.com, Rabu (23/5/2019) dini hari.

Ferry menjelaskan, waktu reformasi bergulir di Indonesia tahun 1998, saat ituu Malaysia yang meniru reformasi Indonesia. "Namun sebaliknya sekarang, Indonesia lah yang belajar bagaimana kekuatan oposisi bisa menumbangkan kekuasaan," pungkas Ferry.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7597 seconds (0.1#10.140)